SEKILAS
Jurusan Sistem Informasi berdiri pada tahun 2016 di Fakultas Ilmu Komputer mengacu kepada Peraturan Rektor UB Nomor 20 Tahun 2016 tanggal 14 April 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Universitas Brawijaya. Berdasarkan SOTK tersebut, DSI mengelola 3 program studi sarjana yang terdiri dari Program Studi S1 Sistem Informasi, Program Studi S1 Teknologi Informasi, dan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi. Universitas Brawijaya (UB) telah berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 108 Tahun 2021 tentang PTN BH Universitas Brawijaya tanggal 18 Oktober 2021. Sejalan dengan perubahan tersebut, Peraturan Rektor nomor 30 tahun 2021 tentang organisasi dan tata kerja unsur yang berada dibawah Rektor diterbitkan pada tanggal 23 November 2021. Dalam Peraturan Rektor tersebut salah satunya ada penyesuaian terkait Jurusan berubah menjadi Departemen. Sehingga sejak diterbitkan Pertor Tersebut maka Jurusan Sistem Informasi menggunakan nama Departemen Sistem Informasi.

Pada tahun 2024, menjadi Jurusan yang unggul dengan reputasi internasional dalam bidang teknologi dan sistem informasi, serta berperan aktif mendukung pembangunan bangsa melalui integrasi tri dharma perguruan tinggi.
- Menghasilkan lulusan yang kompeten, berkualitas, dan kompetitif, dalam bidang Teknologi dan Sistem Informasi yang berkepribadian luhur serta memiliki jiwa entrepreneurship
- Menghasilkan karya penelitian yang bermanfaat sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi dan sistem informasi.
- Mengaplikasikan karya dalam bidang sistem dan teknologi informasi yang bermanfaat kepada masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
- Terciptanya kerjasama yang efektif dan sinergis dengan para pemangku kepentingan dalam rangka mewujudkan visi dan misi jurusan
- Menghasilkan lulusan yang kompeten, berkualitas, dan kompetitif, dalam bidang Teknologi dan Sistem Informasi yang berkepribadian luhur serta memiliki jiwa entrepreneurship.
- Menghasilkan karya penelitian yang bermanfaat sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi dan sistem informasi.
- Mengaplikasikan karya dalam bidang sistem dan teknologi informasi yang bermanfaat kepada masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
- Terciptanya kerjasama yang efektif dan sinergis dengan para pemangku kepentingan dalam rangka mewujudkan visi dan misi jurusan.
Program Studi di FILKOM
SOP
BEASISWA
LAYANAN MAHASISWA
SARANA DAN PRASARANA
KODE ETIK
TRIDHARMA
SOP
SOP yang berlaku di DSI merujuk pada SOP yang berlaku di Fakultas.
Link: https://filkom.ub.ac.id/jaminan-mutu/standar-operasional-prosedur-sop/
BEASISWA
Informasi terkait beasiswa terdapat pada aplikasi Portal Informasi Beasiswa (PIBEA) FILKOM.
Link: https://lookerstudio.google.com/reporting/a1eeb175-3816-4445-826c-b583f2c42112/page/RMzaD
LAYANAN MAHASISWA
- Layanan administrasi akademik : Informasi layanan akademik terdapat pada aplikasi portal PROAKSI (Portal Informasi Layanan Online Administrasi Akademik Mahasiswa).
- Bimbingan konseling: Layanan bimbingan konseling terdapat pada aplikasi Filkom Apps, dimana mahasiswa dapat mengisi waktu untuk menentukan waktu bertemu dengan konselor.
Link: https://filkom.ub.ac.id/kemahasiswaan/bimbingan-dan-konseling-di-filkom/ dan https://filkom.ub.ac.id/kemahasiswaan/layanan-bimbingan-dan-konseling/ - Kesehatan: Layanan kesehatan terpusat di klinik UB dan RS UB.
- Fasilitas untuk mahasiswa berkebutuhan khusus : Filkom memiliki Unit Layanan Terpadu Kekerasan Seksual dan Perundungan di FILKOM dan memiliki unit pusat layanan disabilitas di Universitas Brawijaya merupakan respon aktif kampus terhadap komitmen inklusif dan jaminan hak pendidikan untuk semua.
- Layanan MBKM: Filkom memiliki unit mbkm yang bertugas untuk melayani terkait kegiatan mbkm.
SARANA DAN PRASARANA
- Kegiatan pendidikan mahasiswa: Terdapat informasi tentang berbagai fasilitas yang tersedia, meliputi: Fasilitas Pembelajaran, Fasilitas Kemahasiswaan dan Fasilitas Penunjang. Terdapat informasi tentang berbagai akses sumber pembelajaran meliputi: BRONE: Learning Management System, Panopto Video Platform dan Web Perpustakaan Universitas Brawijaya.
Link: https://filkom.ub.ac.id/layanan-fasilitas/daftar-fasilitas/ - Kegiatan pengajaran dan pembimbingan oleh dosen: Informasi kegiatan pengajaran dan pembimbingan dosen dikelola dalam aplikasi Siado dan Filkom Apps.
- Teknologi informasi dan komunikasi pendukung: Terdapat informasi tentang berbagai fasilitas sistem informasi, meliputi FILKOM Apps, HaloFILKOM, dan Media Sosial.
- Akses sumber pembelajaran: FILKOM menyediakan fasilitas ruang baca yang berisi literatur pendukung perkuliahan, serta skripsi dan thesis lulusan FILKOM sebagai bahan acuan penelitian lebih lanjut. Selain itu, FILKOM sebagai bagian dari Universitas Brawijaya juga dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan UB, termasuk layanan Digital Library bagi mahasiswa.
KODE ETIK
Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik;
TRIDHARMA
Filkom menyediakan informasi terkait apresiasi hasil tridharma yang meliputi:
DSI dalam Angka
0
+
Mahasiswa Aktif
0
+
Dosen pengampu
0
+
Alumni
0
+
Mata Kuliah
EVENTS
📢 KULIAH TAMU SERIES#2 WAJIB UNTUK MAHASISWA KOMUNIKASI PUBLIK! 📢 Halo, mahasiswa Mata Kuliah Komunikasi …
Kuliah Tamu Capstone Project 📖 Komunikasi Publik 📜 Strategi Membangun Personal Branding Digital: Optimasi LinkedIn, …
Berita
•
23/04/2025
Pengumuman
Informasi
PAID INTERNSHIP – fxmedia 2025
•
15/04/2025
Informasi Penawaran Beasiswa MHESI
•
27/03/2025

Sambutan Ketua Departemen
Selamat datang di Departemen Sistem Informasi.
Jurusan Sistem Informasi berdiri pada tahun 2016 di Fakultas Ilmu Komputer mengacu kepada Peraturan Rektor UB Nomor 20 Tahun 2016 tanggal 14 April 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Universitas Brawijaya. Berdasarkan SOTK tersebut, DSI mengelola 3 program studi sarjana yang terdiri dari Program Studi S1 Sistem Informasi, Program Studi S1 Teknologi Informasi, dan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi. Universitas Brawijaya (UB) telah berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 108 Tahun 2021 tentang PTN BH Universitas Brawijaya tanggal 18 Oktober 2021. Sejalan dengan perubahan tersebut, Peraturan Rektor nomor 30 tahun 2021 tentang organisasi dan tata kerja unsur yang berada dibawah Rektor diterbitkan pada tanggal 23 November 2021. Dalam Peraturan Rektor tersebut salah satunya ada penyesuaian terkait Jurusan berubah menjadi Departemen. Sehingga sejak diterbitkan Pertor Tersebut maka Jurusan Sistem Informasi menggunakan nama Departemen Sistem Informasi.
Ir. Issa Arwani, S.Kom., M.Sc.
Kontak dan Narahubung
Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap maupun dalam rangka menjalin kerja sama, sangat disarankan untuk menghubungi kami.