Sejarah

Merujuk pada SK Dikti No.163/KEP/DIKTI/2007 mengenai penataan dan kodifikasi Program Studi, dibentuklah Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Brawijaya Nomor: 516/SK/2011 tanggal 27 Oktober 2011 yang merupakan gabungan dari 2 program studi (Teknik Perangkat Lunak dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dari Fakultas MIPA) yang telah ada di Universitas Brawijaya dimana kedua program studi tersebut memiliki kesamaan dan kesesuaian hakekat sebuah disiplin ilmu.

Kemudian pada 10 Desember 2014, PTIIK resmi menjadi Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) berdasarkan Surat Dikti No. 8073/EI/OT/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Brawijaya.

Saat ini FILKOM bertempat di Jl. Veteran No. 8 Malang. Telah memiliki dua jurusan dan masing-masing jurusan menawarkan tiga program studi (prodi) sebagai berikut:

Jurusan Teknik Informatika terdiri atas tiga prodi:

  • Program Studi (S-2) Magister Ilmu Komputer
  • Program Studi (S-1) Teknik Informatika
  • Program Studi (S-1) Teknik Komputer

Jurusan Sistem Informasi terdiri atas tiga prodi:

  • Program Studi (S-1) Sistem Informasi
  • Program Studi (S-1) Teknologi Informasi
  • Program Studi (S-1) Pendidikan Teknologi Informasi

Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi, diharapkan FILKOM mampu untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak.

Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.