Secara umum, Informatika yang merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari transformasi berlambang yaitu data yang berbasis pada mesin komputasi. Mencakup beberapa bidang diantaranya sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, sistem komputer dan aplikasi-aplikasi pengembangan informatika yang lainnya. Informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan tersebut, serta menampilkan dalam bentuk informasi.

Peran Ilmu komputer yang merupakan bagian dari informatika lebih ditekankan pada pemrograman komputer dan rekayasa perangkat lunak (software). Berakar dari elektronika, matematika dan linguistik, basis ilmu komputer adalah pemahaman komprehensif mengenai algoritma. Mulai dari analisis abstrak hingga subyek yang lebih kongkret seperti struktur data, intelejensia buatan, sampai tata antarmuka pengguna. Bidang ini beririsan dengan bidang sistem informasi. Tetapi informatika lebih menitik beratkan kepada pemenuhan kebutuhan manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer. Oleh karena itu maka dipelajari berbagai strategi penerapan teknologi yang dimaksud, tanpa mendalami terlalu jauh konsep dan dasar teori dari basic ilmu komputer itu sendiri (pragmatis).

Menjadi program studi bereputasi internasional dalam pengkajian dan pengembangan Teknologi Sistem Pintar (Smart Systems Technology) untuk menghasilkan solusi Informatika dalam rangka mendukung pembangunan bangsa melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2020.

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana yang berkualitas di bidang Informatika yang berorientasi pada pengkajian ilmu pengetahuan dan kewirausahaan.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif, berkualitas dan kontributif dalam pengkajian dan pengembangan Teknologi Sistem Pintar (Smart Systems Technology).
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat secara berkelanjutan untuk menerapkan hasil-hasil pengkajian dan pengembangan Teknologi Sistem Pintar (Smart Systems Technology) dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
  4. Membangun kerjasama yang konstruktif dan dinamis dengan seluruh pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun internasional.
  1. Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional dan internasional di bidang Informatika.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian yang inovatif dan berkualitas sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan Teknologi Sistem Pintar (Smart Systems Technology).
  3. Menghasilkan produk-produk terapan Teknologi Sistem Pintar (Smart Systems Technology) sebagai solusi di masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
  4. Meningkatkan kuantitas dan efektivitas kerjasama dengan para pemangku kepentingan dalam rangka menunjang tercapainya visi misi program studi.

Engineering our wise future through informatics

Program studi Informatika pada Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya menyajikan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses identifikasi masalah, pengolahan data dan informasi, serta pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sesuai dengan prinsip keilmuan dan kerekayasaan. dalam menunjang semua hal diatas, saat ini program studi Informatika UB memiliki 4 keminatan :

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Komputasi Cerdas (KC)
  • Jaringan Komputer (JK)
  • Teknologi Game (Game Tech)

Dengan 4 keminatan diatas, diharapkan lulusan dari program studi informatika dapat mengaplikasikan kemampuannya, baik hard skillmaupun soft skill di bebrbagai bidang dan lini profesionalitas. Beberapa prospek profesi yang terkait langsung dengan informatika adalah :

  1. Software Engineer
    Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.
  2. System Analyst dan System Integrator
    Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
  3. Konsultan IT
    Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
  4. Database Engineer / Database Administrator
    Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.
  5. Web Engineer / Web Administrator
    Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
  6. Computer Network / Data Communication Engineer
    Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.
  7. Programmer
    Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.
  8. Software Tester
    Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.
  9. Game Developer
    Dengan berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.
  10. Intelligent System Developer
    Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.

Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.