Program Studi Sarjana Teknik Komputer

Teknik komputer akan berjalan dengan kekuatan 3 elemen utama, manusia (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware). Adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, dan menyediakan output dalam bentuk informasi) yang dijalankan atas kemauan dan perintah manusia dan diharapkan dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia dengan aktivitasnya sehari-hari.

Program Studi Teknik Komputer pada Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya men-sinergikan kecerdasan manusia dengan kecanggihan teknologi perangkat lunak dan kehandalan perangkat keras untuk mewujudkan sebuah sistem cerdas yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia.

menjadi program studi bereputasi di tingkat internasional dalam pengkajian dan pengembangan keilmuan di bidang Teknologi Perangkat Pintar (Smart Devices Technology) melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana berkualitas sesuai standar penyelenggaraan pendidikan nasional & internasional pada bidang keilmuan Teknologi Perangkat Pintar.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dan berkualitas serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dalam rangka penerapan keilmuan di bidang Teknologi Perangkat Pintar untuk pembangunan bangsa.
  3. Membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun internasional terutama dalam bidang keilmuan Teknologi Perangkat Pintar.
  1. Menghasilkan lulusan yang beretika profesional, berjiwa wirausaha dan memiliki kompetensi sesuai dengan standar nasional dan internasional di bidang Teknologi Perangkat Pintar.
  2. Menghasilkan produk inovatif dan berkualitas dalam bidang Teknologi Perangkat Pintar serta memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terkait bidang tersebut.
  3. Terjalinnya kerja sama yang efektif dengan para pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka menunjang tercapainya visi misi program studi.
  1. Integritas dan Etika (Integrity and Ethics)
  2. Determinasi dan Keunggulan (Determination and Excellency)
  3. Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation)
  4. Sinergi (Synergy)
  5. Kepedulian (Social Concern)

Embedding Determination and Innovation in Tradition

Dengan banyaknya kebutuhan akan tenaga teknik komputer dimana aplikasi penerapan / pengendalian otomasi menggunakan komputer mulai banyak diterapkan. Beberapa profesi yang sesuai dengan bidang teknik komputer diantaranya adalah :

  1. Networking
    Dalam bidang ini akan berhubungan dengan jaringan telekomunikasi yang sangat penting dalam jaman sekarang ini. Syarat untuk bekerja di bidang ini harus menguasai teknik switching, mengopraasikaan komputer dan membuat jaringan. Sekarang ini perusahaan banyak yang mengunakan jaringan untuk bertukar data, oleh karena itu kemampuan ini banyak orang lulusan teknik komputer menguasainya.
  2. Robotik dan Otomatisasi
    Kemampuan analisis sistem dinamik, vision, dan intelegence untuk mengendalikan robot dan perangkat keras dalam industri. Dalam industry robot sangat di perlukan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
  3. Digital Sistem
    Kemampuan bidang rekayasa dan perancangan perangkat digital berbasiskan VLSI (Very Large Scale Integration). Biasanya perusahaan telepon seperti indosat, telkomsel ,dll sangat membutuhkan profesi ini.
  4. Computer System Management
    Kemampuan dalam perencanaan dan pengelolaan perusahaan / organisasi berbasiskan teknologi komputer.
  5. Mobile Technology and Embedded System
    Kemampuan merancang dan mengembangkan sistem yang terkait dengan mobile technology dan embedded system . Pada profesi ini sangat jarang orang indonesia yang dapat merancang dan mengambangkan technology mobile, oleh karena itu profesi inilah yang sangat jarang di temukan di Indonesia.
  6. Help Desk
    Help Desk termasuk Operator teknis. Seorang Help Desk harus mampu mengoperasikan PC stand alone, sistem operasi, instalasi internet, anti virus, back up/restore/data recovery, troubleshooting PC, konversi data, teknik pemrograman, gambar vektor, database, HTML dasar. Help Desk termasuk Level II dalam Level kualifikasi bidang Help Desk.