Program Studi Sistem Informasi (PS-SI) merupakan Program Studi di bawah Departemen Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Program Studi Sistem Informasi memiliki arah yaitu penguasaan ilmu serta penguasaan keterampilan keilmuan dalam bidang Sistem Informasi sehingga dapat memahami, menganalisis, menilai, menerapkan serta menciptakan solusi permasalahan di perusahaan. Lulusan dari Program Studi Sistem Informasi diharapkan memiliki keterampilan dalam menguasai dasar-dasar ilmu Sistem Informasi sebagai landasan untuk pengembangan organisasi dengan penerapan keilmuan bidang Sistem Informasi atau Teknologi Informasi.

Program Studi Sistem Informasi memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia profesional di bidang Sistem Informasi. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut serta menjembatani kepentingan industri dan masyarakat profesi, maka Program Studi. Diharapkan melalui Program Studi ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan tentang keilmuan di bidang Sistem Informasi yang memadai.

Program Studi Sistem Informasi saat ini telah memperbarui akreditasi melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM-INFOKOM) dengan predikat UNGGUL yang berlaku sampai dengan tahun 2029 dan akreditasi internasional AQAS dengan status Unconditional yang secara resmi diberikan di tahun 2023.

Menjadi Program Studi yang unggul dengan reputasi internasional dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi yang mengintegrasikan solusi teknologi dan organisasi dengan memanfaatkan prinsip pendekatan proses bisnis, rekayasa sistem informasi, pengambil ifnromasi dan Keputusan berbasis data, dan menggunakan unsur inovatif serta kompetitif, serta berperan aktif mendukung pembangunan bangsa melalui integrasi Tri Darma Perguruan Tinggi

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana berstandar internasional dalam bidang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompetitif, berkepribadian luhur serta memiliki jiwa dan/atau kemampuan entrepreneurship.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif, berkualitas dan kontributif dalam bidang Sistem Informasi, khususnya dalam bidang Pengembangan Sistem Informasi (SI), Manajemen dan Tata Kelola SI, serta Geoinformatika.
  3. Memberikan kontribusi bagi masyarakat (dalam kegiatan pengabdian) secara berkelanjutan untuk menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi yang berkearifan lokal dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk saling bersinergi dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi.
  1. Menghasilkan lulusan sarjana yang kompeten, berkualitas, dan mampu bersaing dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi serta memiliki jiwa entrepreneurship.
  2. Menghasilkan karya penelitian-penelitian yang inovatif, berkualitas dan bermanfaat sehingga mampu memberikan konstribusi dalam bidang pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi.
  3. Mengaplikasikan karya dalam bidang Sistem Informasi yang bermanfaat kepada masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.
  4. Terciptanya kerjasama yang efektif dan sinergis dengan para pemangku kepentingan dalam rangka menunjang tercapainya visi dan misi program studi.

SASARAN

  1. Peningkatan mutu sesuai dengan mutu akademik yang berstandar nasional dan internasional yang menjadi acuan dalam proses perkuliahan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Kurikulum yang berjalan sesuai dengan standar SN DIKTI dan KKNI serta adanya peninjauan secara berkala setiap tahun.
    2. Tingkat kelulusan mahasiswa tepat waktu rata-rata sebesar 80%.
    3. Peringkat 3 besar Program Studi Sistem Informasi terbaik di Indonesia dan 50 besar Regional
    4. Minimal 80% lulusan bekerja sesuai dengan bidangnya dan memiliki kemampuan untuk berwirausaha serta mampu untuk melakukan studi lanjut
    5. Persentase waktu tunggu lulusan sebelum bekerja < 6 bulan sebesar 90%
    6. Lebih dari 80 % lulusan memiliki IPK rata-rata lebih dari 3,0
    7. Setiap Lulusan minimal memiliki satu prestasi baik di tingkat lokal/regional/nasional/internasional dibidang akademik maupun non akademik.
    8. Setiap lulusan telah memiliki sertifikat soft skill yang meliputi kemampuan integritas, profesionalisme, bahasa inggris, komunikasi, kerjasama tim, dan kemampuan IT (IC3).
    9. Setiap Lulusan memiliki pengalaman dalam kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pernah bekerja/magang/KKN-P di institusi/lembaga yang relevan guna mendukung peningkatan kompetensi
  2. Terwujudnya pengelolaan program studi dan pengelolaan kegiatan akademik yang efektif, efisien, dan transparan. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Program Studi terakreditasi BAN PT dengan nilai A.
    2. Pengelolaan dan operasional program studi berjalan sesuai dengan SOP dan 100% kegiatan didukung dengan dokumentasi yang lengkap
    3. Sistem penjaminan mutu berjalan sesuai dengan standar penjaminan mutu (minimal 90%), ada umpan balik dan tindak lanjutnya, dan didukung dengan dokumen yang lengkap (100%)
    4. Memiliki SDM dosen tetap minimal 50% bergelar S3.
    5. Dosen tetap yang telah bersertifikat minimal 90%.
    6. Memiliki Tenaga administrasi, pustakawan dan laboran dengan jumlah dan kualifikasi yang cukup
    7. 30% dosen tetap bersertifikasi profesi dan menjadi anggota organisasi profesi.
    8. Memiliki sarana dan prasarana dengan ketentuan adanya ruang untuk tiap dosen, kelas, lab, ruang baca, bahan pustaka (buku > 100, skripsi>50, jurnal terakreditasi dikti > 3, jurnal ilmiah internasional >2, seminar prosiding > 9), software dan sistem informasi yang bisa diakses secara online
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian yang dilakukan oleh dosen yang mengacu kepada roadmap dan Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Brawijaya. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Dosen setiap tahun melaksanakan kegiatan penelitian yang sesuai dengan RIP Universitas
    2. Rata-rata pendanaan penelitian per dosen > 3 Juta. Baik dari dalam PT maupun dari luar PT.
    3. Masing-masing dosen terlibat aktif dalam forum ilmiah baik sebagai penyaji atau peserta minimal satu kali setiap tahunnya.
    4. Mendatangkan tenaga ahli dalam kegiatan ilmiah minimal 13 kegiatan setiap tahunnya.
    5. Masing-masing dosen terlibat dalam pembuatan/penerbitan modul/buku/karya inovatif/hakcipta setiap tahunnya.
  4. Peningkatan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat yang menerapkan hasil-hasil penelitian di bidang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Setiap dosen melaksanakan kegiatan pengabdian minimal 1x pertahun yang sejalan dengan Rencana Strategis PkM Universitas Brawijaya. Selain itu dosen juga dapat melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat
    2. Setiap dosen mendapatkan dana >3 Juta pada kegiatan pengabdian masyarakat.
  5. Peningkatan kualitas dan kuantitas kerjasama dengan pemangku kepentingan terkait dengan pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi. Adapun parameter ketercapaian sasaran ini adalah:
    1. Terdapat peningkatan jumlah kerjasama sebanyak 3 kerjasama per tahunnya.
    2. Terdapat evaluasi serta tindak lanjut dari kerjasama yang terjalin setiap tahunnya.

Beberapa bidang pekerjaan yang sesuai dengan sistem informasi diantaranya :

    1. Database dan e-Business
      Membuat sistem basis data dan yang berhubungan dengan bisnis.
    2. System Analyst
      Sistem analis, perancang sebuah program sebelum dibangun.
    3. Programmer Analyst
      Sama seperti dengan sistem analis namun lebih spesifik dengan pembangunan program.
    4. System Design
      Perancang sebuah desain dari system.
    5. Database Administrator
      Menjadi adminitrasi dari sebuah sistem basis data.
    6. Information Technology / System Information Consultant
      Konsultan sistem informasi, korporasi yang bergerak dibidang jasa berhubungan dengan sistem informasi.
    7. Web Developer
      Pembangun web lebih spesifik dengan sistem basis data dan ruang lingkupnya.
    8. Web Designer
      Pembangun web spesifik dari desain dan berhubungan dengan seni dan estetika.
    9. Enterpreneur in IT Business
      Membuat wirausaha dibidang IT.
    10. IS Auditor
      Auditor sistem informasi.
    11. IS Project Manager
      Memanajeri sebuah projek yang berhubungan dengan sistem infomasi.