FILKOM UB Adakan Pelatihan Software WEKA Untuk Data Mining Bagi Siswa Di SMK kota Malang dan kota Batu

FILKOM UB Adakan Pelatihan Software WEKA Untuk Data Mining Bagi Siswa Di SMK kota Malang dan kota Batu

Malang, 15 November 2023 – FILKOM UB mengadakan pelatihan Software WEKA (Waikato Environment for Knowledge Analysis) secara daring melalui platform Zoom Meeting di bulan Oktober 2023 untuk SMK Negeri 3 Malang, SMK Negeri 3 Batu, dan SMA Negeri 3 Malang. Kegiatan pelatihan dilakukan di Laboratorium Teknologi Pembelajaran, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya. Program pelatihan dilaksanakan berdasarkan salah satu model pengembangan instructional design, yaitu Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).

Selaku ketua pelaksana pelatihan, Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom., menyampaikan pelatihan penggunaan software WEKA diselenggarakan agar pemahaman konsep Data Mining dapat meningkatkan kompetensi mitra di bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK). Tim pelatihan terdiri dari dosen : (1) Khalid Rahman, S.Pd.I, M.Pd.I., (2) Himawat Aryadita, S.T., M.T., dan (3) Wibisono Sukmo Wardhono, ST, MT., juga dari mahasiswa : (1) I Putu Yoga Tunas Sugitha, (2) Serra Nadya Indi Herawati, dan (3) Dinda Maharani.

Satrio juga menambahkan,. Pelatihan ini bertujuan untuk mencapai dua sasaran, yaitu pertama membekali siswa dengan kompetensi terkini terkait dengan penerapan konsep data mining dan prakteknya melalui pengenalan software WEKA. Kedua sebagai bekal bagi siswa dalam mengikuti program Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tujuan peningkatan daya saing di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Metode evaluasi yang digunakan di pelatihan ini adalah pretes, evaluasi formatif, postes, evaluasi plan of action, evaluasi diri, evaluasi kinerja instruktur, evaluasi program pelatihan, dan evaluasi pasca pelatihan. Pretes digunakan untuk mengukur apa yang telah diketahui oleh peserta pelatihan sebelum mengikuti pelatihan dan apa yang diharapkan oleh peserta pelatihan akan. Harapan yang dimaksud berupa keterampilan apa saja yang diinginkan oleh peserta pelatihan. Evaluasi formatif digunakan untuk menilai hasil belajar peserta pelatihan sewaktu program pelatihan berjalan. Evaluasi sumatif atau postes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan. (rr/shw)