Survei Kepuasan Masyarakat/Indeks Kepuasan Masyarakat

Berdasarkan sistem UB satu data pada tahun 2023, disebutkan jumlah populasi di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) sebanyak 102 dosen, 57 tendik, 3797 mahasiswa, dan 897 lulusan. Adapun responden SKM yang menilai FILKOM yaitu 105 dosen (102.9%), 30 tendik (52.6%), 2751 mahasiswa (72.5%), 57 lulusan (6.4%), dan 4 pihak luar.

Gambar 1. Jumlah responden FILKOM

Berdasarkan hasil analisis pada Tabel 18, FILKOM mendapatkan penilaian 79.99 dengan kategori sangat baik. Sebagian besar unsur layanan memperoleh penilaian dengan kategori baik. Unsur layanan dengan nilai tertinggi adalah kualitas sarana dan prasarana layanan. Akan tetapi ada 1 unsur layanan yang memperoleh nilai kategori kurang baik yaitu kecepatan waktu layanan.
Sehingga patut menjadi hal pertama untuk diperbaiki dan ditingkatkan oleh FILKOM.

Tabel 1. Nilai IKM FILKOM

 

*Laporan SKM UB Tahun 2023 dapat diunduh di tautan berikut 2023_Laporan SKM UB

Berdasarkan data dari UB dalam angka 2022, disebutkan bahwa kisaran populasi jumlah dosen, tendik, mahasiswa, alumni, dan pihak luar di Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) berturut-turut berjumlah 103 dosen, 45 tendik, dan 3616 mahasiswa. Dari jumlah populasi tersebut, responden yang memberikan penilaian melalui SKM di FILKOM sebanyak dosen 166 orang (161.2%), tendik 206 orang (457.8%), mahasiswa 240 orang (6.6%), alumni 54 orang, dan pihak luar 19 orang sebagaimana pada Gambar 1. Jumlah responden di FILKOM sudah banyak, meskipun begitu yang perlu menjadi perhatian adalah jumlah responden dari unsur dosen dan tendik yang jauh lebih banyak melampaui jumlah populasi yang ada di FILKOM. Nilai positif yang bisa dicontoh oleh fakultas lain adalah FILKOM memberikan sosialisasi kepada seluruh civitas di lingkungan FILKOM, sehingga pengisian SKM bisa maksimal baik dari sisi jumlah responden maupun hasil SKM.

Gambar 1. Jumlah responden FILKOM

Tabel 1. Nilai IKM FILKOM

 

*Laporan SKM UB Tahun 2022 dapat diunduh di tautan berikut 2022_Laporan SKM UB

Dari keseluruhan respon yang terkumpul dari seluruh Fakultas di UB pada tahun 2021 diperoleh nilai IKM yang kualitas layanan bervariasi antara Baik dan Kurang Baik. Terdapat 13 Fakultas yang memiliki kualitas layanan Baik dan 5 Fakultas dengan Kurang Baik. Pada tahun 2021 terjadi peningkatan kualitas layanan yaitu ditandai dengan adanya 13 Fakultas yang mendapatkan nilai Baik, dimana di tahun 2020 didapatkan oleh 10 Fakultas saja. Sehingga
jumlah Fakultas yang memperoleh nilai kurang baik juga menurun pada tahun 2021.

Untuk tahun 2021, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) memperoleh penilaian tertinggi dari responden yaitu dengan nilai IKM 83.69 (Baik).

Gambar 1. Persentase kualitas kinerja layanan Fakultas tahun 2021

Tabel 1. Hasil nilai IKM untuk layanan Fakultas tahun 2021 

Gambar 2. Grafik nilai IKM untuk layanan Fakultas di UB tahun 2021

 

*Laporan SKM UB Tahun 2021 dapat diunduh di tautan berikut 2021_Laporan SKM UB

Dari keseluruhan respon yang terkumpul dari seluruh Fakultas di UB pada tahun 2020 diperoleh nilai IKM yang kualitas kinerjanya bervariasi antara “Baik” dan “Kurang Baik”. Terdapat 10 Fakultas yang memiliki kualitas kinerja “Baik” dan 7 Fakultas dengan “ Kurang Baik”.

Untuk tahun 2020, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) memperoleh penilaian tertinggi dari responden yaitu dengan nilai IKM 85.52 (Baik).

Gambar 1. Persentase kualitas kinerja layanan Fakultas tahun 2020

Tabel 1. Hasil nilai IKM untuk layanan Fakultas tahun 2020 

Gambar 2. Grafik nilai IKM untuk layanan Fakultas di UB tahun 2020

 

*Laporan SKM UB Tahun 2020 dapat diunduh di tautan berikut 2020_Laporan SKM UB

Link pengisian SKM/IKM bisa diakses di ikm.ub.ac.id