Sosialisasi Susunan Organisasi dan Tata Kelola FILKOM UB

Sosialisasi Susunan Organisasi dan Tata Kelola FILKOM UB

Pimpinan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar sosialisasi tentang susunan organisasi dan tata kelola (OTK) baru yang diberlakukan di FILKOM pada Jumat (29/7/2016). Bertempat di gedung H, sosialisasi ini diperuntukkan bagi seluruh dosen FILKOM UB.

Membuka acara tersebut Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom Wakil Dekan I bidang akademik menyampaikan bahwa berdasarkan aturan baru yang diberlakukan di Universitas Brawijaya, maka terdapat beberapa perubahan terkait susunan OTK di FILKOM. Pertama, perubahan terjadi pada susunan organisasi pada program studi (prodi). Dimana semula prodi dapat berdiri sendiri dibawah fakultas, kini setiap prodi wajib dinaungi oleh jurusan. Adapun dua jurusan yang ada di FILKOM saat ini meliputi jurusan Teknik Informatika dan jurusan Sistem Informasi. Jurusan Teknik Informatika menaungi tiga program studi yaitu (1) Prodi Teknik Informatika, (2) Prodi Tenik Komputer dan (3) Prodi Magister Ilmu Komputer. Sementara jurusan Sistem Informasi juga menaungi tiga prodi berbeda yaitu (1) Prodi Sistem Informasi, (2) Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan (3) Prodi Teknologi Informasi.

Selain itu perubahan juga terjadi pada susunan OTK laboratorium dan beberapa unit di FILKOM. Dalam susunan OTK yang baru dijelaskan oleh Ir. Heru bahwa laboratorium yang semula dibawah naungan prodi, kini akan berada dibawah naungan fakultas. Laboratorium yang ada juga dipersempit menjadi dua laboratorium, yaitu (1) laboratorium pembelajaran dan (2) laboratorium riset. Sementara itu laboratorium lainnya yang selama ini ada akan dirubah menjadi kelompok keminatan. Hal itu dikatakan oleh Ir. Heru akan dibicarakan dalam diskusi atau pembahasan lebih lanjut.
“Pertimbangannya karena laboratorium dibawah fakultas memiliki tuntutan yang sama dengan fakultas lain, antara lain harus ada minimial jumlah publikasi ilmiah yang terbit di jurnal bereputasi, memilki target jumlah kerjasama dengan pihak luar, harus diketahui oleh guru besar atau minimal doktor,”  jelas Ir. Heru.

Disamping laboratorium terdapat beberapa unit yang akan langsung berada dibawah naungan fakultas yaitu (1) Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM), (2) BPTIK dan PSIK yang akan dilebur menjadi satu dan unit baru (3) Badan Pengelola Jurnal yang bertugas untuk menghidupkan dan mengatifkan peenrbitan jurnal fakultas.

Ditambahkan oleh Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D. Dekan FILKOM UB bahwa fakultas dan prodi akan memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda. Dimana susunan organisasi yang berada di tingkat fakultas akan lebih fokus pada pengelolaan sumberdaya. Sementara tingkat prodi akan lebih fokus pada pengelolaan kurikulum.
“Harapannya dengan adanya perubahan ini tidak mengakibatkan adanya sekat-sekat yang kemudian memisahkan satu dengan lainnya,” ungkap Wayan. [dna]

Berikut susunan pimpinan ditingkat jurusan dan prodi:

  1. Jurusan Teknik Informatika
    Kepala Jurusan: Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D
    Sekretaris Jurusan: M. Tanzil Furqon, S.Kom, M.CompSc.
    Kepala PS. Teknik Informatika: Agus Wahyu Widodo, S.T, M.Cs
    Kepala PS. Magister Ilmu Komputer: Fitri Utaminingrum, Dr.Eng., ST., MT
    Kepala PS. Teknik Komputer: Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T, M.Eng
  2. Jurusan Sistem Informasi
    Kepala Jurusan: Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T
    Sekretaris Jurusan: Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D
    Kepala PS. Sistem Informasi: Suprapto, S.T, M.T
    Kepala PS. Teknologi Informasi: Dian Eka Ratnawati, S.Si, M.Kom
    Kepala PS. Pendidikan Teknologi Informasi: Satrio Agung W., S.Kom, M.Kom