Workshop Raduino 2016

Workshop Raduino 2016

Laboratorium Sistem Komputer dan Robotika dibawah pimpinan Barlian Henryranu Prasetyo S.T., M.T dengan dibantu oleh asisten laboratorium mengadakan workshop untuk memperkenalkan mini personal computer Raspberry Pi dan Arduino kepada mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Workshop yang diberinama RADUINO tersebut diikuti sekitar 80 mahasiswa/i FILKOM. Dalam pelaksanaannya dibagi dalam dua hari yakni pada tanggal 18 dan 19 Juni 2016.
“Setiap harinya total peserta 40. Jumlah itu masih dibagi menjadi dua pada setiap sesi agar setiap peserta mendapat bagian dalam materi arduino dan raspberry pi. Karena memang waktunya bersamaan dengan tempat yang terpisah. Workshop Arduino di ruang C1.14 sedangkan Raspberry PI di ruang C1.5. Peserta yang pada sesi pertama mendapatkan materi Arduino, pada sesi kedua mendapatkan materi raspberry pi,” ujar Nova Amynarto (Teknik Komputer/2014) selaku ketua pelaksana.

Workshop yang mengusung hastag #FindYourTechnologyNOW ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa/i FILKOM agar lebih mengenal alat yang sering digunakan dalam penelitian skripsi di bidang Embedded System ini. Selain itu workshop ini juga dimaksudkan untuk memberikan dasar pengetahuan mengenai cara penggunaan Raspberry dan Arduino bagi mahasiswa/i FILKOM yang berminat mengikuti lomba mengenai piranti cerdas. Materi tentang Raspberry PI yang disajikan dalam bentuk pembahasan Internet of Things (IOT) disampaikan oleh Harry Mulya (Teknik Komputer/2013). Sementara itu materi tentang Arduino yang dikemas dalam bentuk pembahasan tentang Smart Home disampaikan oleh Novia Ulfa (Teknik Komputer/2013).
“Kami memilih pemateri dari kalangan mahasiswa dengan tujuan agar peserta dapat lebih memahami materi. Pertimbangannya mereka akan bisa merasa dekat dengan pemateri karena tidak ada rasa canggung, sehingga akan lebih mudah memahami materi,” jelas Zainul Bahar selaku Koordinator Asisten Laboratorium Sistem Komputer dan Robotika.

Melihat antusiasme mahasiswa/i peserta yang luarbiasa, kedepannya acara serupa akan diagendaakn sebagai kegiatan rutin dan akan lebih sering diselenggarakan.
“Acaranya keren, karena kita bisa mengontrol lampu dari Internet. Namun sangat disayangkan waktu yang terbatas dengan materi yang luar biasa. Semoga kedepannya lebih sering diadakan acara yang serupa,” ujar Hiztro (Teknik Informatika/2015) salah satu peserta workshop. [panitia raduino]