Tingkatkan Prestasi Bidang Kemahasiswaan FILKOM UB Gelar Lokakarya

Tingkatkan Prestasi Bidang Kemahasiswaan FILKOM UB Gelar Lokakarya

Untuk meningkatkan raihan prestasi bidang kemahasiswaan, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar kegiatan “Lokakarya Peningkatan Prestasi Bidang Kemahasiswaan FILKOM UB” pada Jumat – Sabtu (27-28/5/2016). Kegiatan yang digelar di gedung H tersebut dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa FILKOM dari berbagai angkatan.

Edy Santoso, S.Si., M,Kom. selaku Wakil Dekan III FILKOM Bidang Kemahasiswaan sekaligus ketua pelaksana lokakarya mengungkapkan bahwa perkembangan prestasi mahasiswa saat ini sangat pesat. Tercatat dari raihan prestasi kemahasiswaan UB menduduki tempat ke-3 se-Indonesia. Oleh karena itu dirasa perlu bagi FILKOM yang merupakan fakultas baru di UB untuk dapat menyelaraskan raihan prestasi dengan fakultas lainnya di UB yang sudah lebih dulu berdiri.
“Acara lokakarya ini didanai dengan dana BOPTN. Narasumber dan moderator akan diisi oleh Wakil Dekan III berbagai fakultas di UB. Semoga bisa diikuti dengan baik,” ujar Edy dalam sambutannya.

Sementara itu sehubungan Wakil Rektor III UB Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Arif Prajitno, MS yang berhalangan hadir, Dr. Ir. Eko Widodo M. Agr. selaku Staf Ahli WaRek III Bidang Minat dan Kesma hadir sebagai perwakilan. Dalam sambutannya Dr. Ir. Eko Widodo menyampaikan bahwa hingga saat ini UB menerapkan strategi desentralisasi untuk meningkatan prestasi bidang kemahasiswaan. Dimana tugas pembinaan mahasiswa pada tahap awal dilakukan oleh fakultas. Lokakarya ini diberikan sebagai bentuk sosialisasi pada mahasiswa agar pada saat ikut serta dalam berbagai kompetisi ilmiah nantinya dapat memiliki kesiapan yang matang.
“Karena khususnya untuk Pekan Kreativitas Mahasiswa/PKM jarak waktu pengumpulan proposal tidak lama. Jadi perlu dipersiapkan sejak awal. Pembinaan awal oleh fakultas. Baru nanti setelah masuk PIMNAS pembinaan oleh rektorat, seperti dilakukan karantina dan sebagainya,” jelas Eko.

Lokakarya yang dijadwalkan untuk diselenggarakan selama dua hari ini mengangkat berbagai materi penting untuk disampaikan kepada mahasiswa peserta, antara lain: (1) paparan dan strategi capaian prestasi bidang kemahasiswaan UB (khususnya PKM), (2) strategi pembuatan slide untuk memenangkan PIMNAS 2016, (3) motivasi diri untuk menjadi mahasiswa yang excellent, (4) strategi meningkatkan minat dan mutu dalam mengikuti lomba PKM, (5) rencana strategi peningkatan lolos didanai dan juara PIMNAS (studi kasus FK), (6) system pelaporan penganggaran, penggunaan sarana-prasarana di Lingkungan UB dalam menunjang prestasi bidang kemahasiswaan, (7) strategi peningkatan jumlah mahasiswa dalam bidang kemahasiswaan, (8) strategi lolos PMW dan GKN, serta pengaruh organisasi tata kelola di UB 2016 terhadap prestasi mahasiswa. Harapannya seluruh materi yang dirancang tersebut dapat memotivasi mahasiswa FILKOM untuk terus meningkatkan prestasi, khususnya di bidang kemahasiswaan. [dna/pic by edw]