Penjajakan Kerjasama SKK Migas dan FILKOM UB

Penjajakan Kerjasama SKK Migas dan FILKOM UB

Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkunjung ke Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) untuk melakukan penjajakan kerjasama pada Jumat (8/4/2016). Mereka adalah Hufadil As’ari, Leo Nugroho dan Ari Ananda dari Divisi Manajemen Sistem Informasi SKK Migas. Hal ini sehubungan dengan upaya Migas yang akan mengembangkan Sistem Orientasi Terpadu (SOT)/ Integrated Orientation System (IOS) untuk pengembangan pengelolaan SKK Migas ke kondisi yang lebih baik.

Dijelaskan oleh Hufadil As’ari bahwa selama ini 80% waktu yang dimiliki oleh staf SKK Migas adalah untuk collecting data secara semi manual dari seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang terletak tersebar di seluruh Indonesia. Hal itu mengakibatkan sumber daya manusia (SDM) SKK Migas tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan monitoring dan analyzing dalam kaitannya sebagai dasar pengambilan keputusan perencanaan anggaran dan penetapan target kinerja di periode berikutnya. Oleh karena itu automatisasi dan sistem terintegrasi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi waktu dan optimalisasi kinerja.
“Selama ini delapan puluh persen waktu kita habis untuk collecting data. Jadi waktu untuk summary dan analyzing hanya sedikit. Padahal itu penting untuk dasar menyusun RAPBN yang benar periode berikutnya. Kita ingin memperbaiki ini,” ujar Hufaidil.

Disadari bahwa pengembangan SOT tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah, maka pihak SKK Migas menggandeng FILKOM UB untuk dapat mengembangkannya bersama. Disampaikan oleh Hufadil bahwa banyak bagian dari sistem yang belum terselesaikan, karenanya pihak FILKOM dapat memilih untuk membantu pengembangan SOT pada bagian yang memang dirasa paling cocok dengan keunggulannya. Masukan untuk pengembangan SOT tersebut diharapkan bisa diterima pihak SKK Migas paling lambat satu bulan setelah pertemuan penjajakan ini.
“Kami tidak mau membagi di FILKOM UB mengerjakan apa, lalu yang lain apa. Kami paparkan data kondisi sistem saat ini dan harapannya dari FILKOM UB bisa ada ide-ide untuk memperbaiki kekurangan dari sistem yang ada sesuai dengan keahliannya. Mau data warehouse silahkan, atau mau mengembangkan di bagian security juga silahkan,” ujar Hufadil.

Rencananya hubungan kerjasama ini  akan diperkuat dengan adanya penandatangan perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) antara FILKOM UB dengan SKK Migas. Selain kerjasama dalam bidang pengembangan SOT, SKK Migas juga membuka kesempatan bekerjasama dalam penerimaan mahasiswa FILKOM yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata Profesi/KKN-P (magang) di SKK Migas. Harapannya kerjasama ini dapat berlanjut dan memberikan banyak manfaat untuk kedua belah dan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). [dna]