FILKOM UB Buka Dua Program Studi Baru di 2016

FILKOM UB Buka Dua Program Studi Baru di 2016

Pada penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2016 ini Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya/FILKOM UB (d/h PTIIK UB) membuka dua program studi (prodi) baru untuk tingkat Sarjana (S1) yaitu prodi Teknik Komputer/Computer Engineering (CE) dan Teknologi Informasi/Information Technology (IT). Sebelumnya pada tahun 2015 FILKOM UB memiliki tiga prodi S1 meliputi Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Computer Science (CS), Sistem Informasi/ Information System (IS) dan Pendidikan Teknologi Informasi/Information Technology Education (ITE). Dengan adanya tambahan dua prodi baru tersebut maka FILKOM UB menawarkan lima prodi baru yang dapat dipilih pada penerimaan mahasiswa baru. Daftar nama program studi tersebut sudah ditawarkan di SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) 2016 yang pendaftarannya dapat diakses melalui web.snmptn.ac.id.

Prodi Teknik Komputer sebelumnya merupakan salah satu keminatan dibawah prodi Teknik Informatika. Berdiri sendiri sebagai prodi mulai tahun 2016 ini, kurikulum Teknik Komputer difokuskan pada kemampuan peserta didik dalam mengintegrasi kecerdasan manusia dengan software dan hardware untuk membuat sebuah sistem cerdas yang mampu mendukung aktivitas dan pekerjaan manusia. Sementara itu fokus pembelajaran prodi Teknologi Informasi mencakup bidang kajian teknologi komputer dan juga penerapan serta pemanfaatannya sebagai alat bantu dalam menyelesaikan persoalan yang ada (applied perspective).

Untuk diketahui beberapa tahun terakhir FILKOM menjadi fakultas dengan prodi yang paling diminati di UB. Pada SNMPTN 2013 FILKOM tercatat paling diminati di UB dengan pendaftaran calon mahasiswanya mencapai 4.264 orang. Sementara pada SNMPTN 2015 jumlah peminat yang mendaftar ke FILKOM meningkat menjadi 6.774 orang. Jumlah tersebut hanya untuk program studi Teknik Informatika saja, belum termasuk jumlah peminat pada program studi lain di FILKOM. Harapannya berbagai prodi baru yang ditawarkan oleh FILKOM UB mulai tahun 2016 ini dapat diterima dengan baik dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat atas studi berkualitas di bidang IT.