Partisipasi Mahasiswa FILKOM UB Ikut dalam Riset Kolaboratif dengan NTNU

Partisipasi Mahasiswa FILKOM UB Ikut dalam Riset Kolaboratif dengan NTNU

Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), Yudhistira (Teknik Komputer ‘22) dan Cahya Purnama Sari (Sistem Informasi ‘21) melalui seleksi yang ketat, terpilih mewakili FILKOM UB dalam kolaborasi akademik dan meningkatkan kualitas penelitian,  bekerja sama dengan Norwegian University of Science and Technology (NTNU). Keduanya adalah mahasiswa aktif yang terpilih sebagai asisten riset dalam sebuah proyek penelitian dalam dunia teknologi informasi, dengan tema Usability of Biometric-Based Authentication. Sebelum terlibat dalam riset ini, proses seleksi mahasiswa sebagai asisten peneliti telah dilaksanakan mulai tanggal 25 Januari hingga 25 Februari 2024. Seleksi ini dilakukan dengan ketat untuk memastikan bahwa mahasiswa yang terpilih memiliki kompetensi yang sesuai dan komitmen tinggi terhadap penelitian yang akan dijalankan. Terpilihnya keduanya karena sesuai dengan kompetensi dan minat mereka dalam bidang teknologi keamanan informasi, khususnya autentikasi berbasis biometrik.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memahami bagaimana teknologi biometrik dapat diimplementasikan dengan lebih baik, terutama dalam hal kenyamanan dan keamanan pengguna. Ketua International Relation Office (IRO) FILKOM UB, M. Ali Fauzi, S.Kom., M.Kom., Ph.D., menyampaikan bahwa dengan keterlibatan langsung dalam penelitian internasional ini, Cahya dan Yudhistira mendapatkan kesempatan berharga untuk mengembangkan keterampilan riset mereka, serta memperluas jaringan akademik dan profesional mereka di tingkat global.

“Kolaborasi ini mencerminkan komitmen FILKOM UB dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan melalui kerja sama internasional, serta dalam menyediakan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan,”jelas beliau. (maf/rr)