Dosen FILKOM UB Kembangkan Sistem Informasi Akademik (SIAG) SMP Ar-Rohmah Islamic Boarding School Malang

Dosen FILKOM UB Kembangkan Sistem Informasi Akademik (SIAG) SMP Ar-Rohmah Islamic Boarding School Malang

Tim dosen dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) telah sukses mengembangkan Sistem Informasi Akademik (SIAG) untuk SMP Ar-Rohmah Islamic Boarding School Malang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat (Pengmas) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

Tim Dosen FILKOM yang diketuai oleh Rekyan Regasari MP, S.T., M.T dan beranggotakan Dr. Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom; Suprapto, S.T., M.T; serta Drs. Marji, M.T melaksanakan kegiatan pengmas ini pada Sabtu (16/9/2023). Selain itu juga ada 2 (dua) mahasiswa dari Prodi Teknologi Informasi yang membantu kegiatan pengmas ini, yaitu Priomas Yuliono dan Azraf Azizullah.

SMP Ar-Rohmah Islamic Boarding School Malang merupakan bagian dari pesantren Ar-Rohmah dan merupakan sekolah yang sedang berkembang, namun terdapat kendala kinerja dalam pengelolaan data akademik, dimana masih dilakukan secara konvensional dan kurang terorganisir. Beberapa kelemahan diantaranya penyediaan data membutuhkan waktu lama, data tidak ter-perbaharui secara realtime, sulit menggunakan data sebagai acuan dalam mengambil keputusan karena terpisah-pisah. Karena hal inilah tim dosen FILKOM UB berperan untuk memberikan bantuan teknologi informasi melalui proyek SIAG.

“Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk menyediakan sistem pengolahan data akademik yang lebih efektif dan efisien sehingga mampu meningkatkan kinerja dan kualitas manajemen Lembaga Ar Rohmah,” jelas Rekyan.

Suasana pelatihan pada Sabtu (16/9/2023) di SMP At-Rohmah Islamic Boarding School.
Suasana pelatihan pada Sabtu (16/9/2023) di SMP At-Rohmah Islamic Boarding School.

Secara lanjut Rekyan menjelaskan bahwa sistem informasi berbasis web ini nantinya memiliki kemampuan berupa tenaga pendidik atau guru dapat mengakses informasi lengkap siswa yang diajar secara langsung, tenaga pendidik bisa mengelola nilai di sistem, siswa (atau orang tua yang diberi akses) juga dapat mengakses nilai yang diperoleh secara langsung, serta terdapat rekap data untuk menunjang pengambilan keputusan.

Untuk mencapai tujuan tersebut tim Dosen FILKOM telah melaksanakan beberapa tahap kegiatan mulai dari menggali kebutuhan mitra, membuat perencanaan sistem yang dikoordinasikan dengan mitra. Setelah perencanaan disepakati, maka dibuat prototype sistem. Prototype yang dihasilkan dipresentasikan kepada mitra sehingga mitra bisa mengoreksi secara lebih jelas tentang apa yang dibutuhkan, mana saja yang sudah disediakan sistem dan mana yang belum. Dalam hal ini Tim Dosen FILKOM berkonsultasi langsung dengan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Wahyu Risdhyan Ari W., S.Pd, M.Si.

Proses diskusi yang dilakukan tim dosen FILKOM UB dengan Wakil Kepala Sekolah SMP At-Rohmah.
Proses diskusi yang dilakukan tim dosen FILKOM UB dengan Wakil Kepala Sekolah SMP At-Rohmah.

“Setelah sistem sesuai kami memberikan pelatihan untuk tenaga pendidik dan beberapa sdm manajemen maupun tata usaha yang terlibat dan kemudian system diimplementasikan secara resmi di sekolah,” tambahnya.

Pihak sekolah juga merasa sangat terbantu dengan implementasi SIAG. Kepala sekolah SMP At-Rohmah Islamic Boarding School, M. Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. juga menyampaikan ucapan terima kasinya kepada tim FILKOM UB atas bantuannya dalam mengembangkan SIAG. Sistem ini telah mengubah cara tenaga pendidik dalam mengelola data akademik dan jadwal Pelajaran dan mereka yakin sistem ini akan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kedepannya.

SIAG ini menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga pendidikan dapat menciptakan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan, proyek ini akan menjadi inspirasi bagi upaya-upaya serupa di masa depan untuk meningkatkan sistem informasi pendidikan di sekolah.[drn]