9 Mahasiswa FILKOM UB Terima Beasiswa Magang dari Perusahaan Halal Food Jepang

9 Mahasiswa FILKOM UB Terima Beasiswa Magang dari Perusahaan Halal Food Jepang

Sembilan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menerima beasiswa magang dari Sariraya Co., Ltd. sebuah perusahaan halal food di Jepang. Beasiswa ini diberikan sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama FILKOM UB dengan Sariraya Co., Ltd. yang surat persetujuan kerjasamanya ditandatangani Agustus 2017 lalu. Pemberian beasiswa secara simbolis dilakukan langsung oleh CEO Sariraya Co., Ltd. Teguh Wahyudi SP, MSc. dalam kunjungannya ke FILKOM UB pada 18 Oktober 2017 lalu.

Para penerima beasiswa magang dan pelatihan kerja Sariraya Co., Ltd. sebelumnya harus melalui tahapan seleksi. Dimana untuk beasiswa magang 3 bulan terdapat 12 kandidat mahasiswa FILKOM UB yang mendaftar. Para kandidat tersebut harus mengumpulkan CV, mengikuti seleksi wawancara dan tes kemampuan dengan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pihak Sariraya Co., Ltd. Dari jumlah tersebut kemudian dipilih tiga kandidat terbaik untuk menerima beasiswa. Sementara itu untuk beasiswa pelatihan kerja 1,5 bulan di Sariraya Co., Ltd. sistem seleksi dipercayakan Sariraya Co., Ltd. kepada salah satu mahasiswa FILKOM UB yang sebelumnya sudah pernah melakukan magang di Sariraya Co., Ltd. yaitu Abu Hasan Baskara (TIF/2014) yang sebelumnya pernah melakukan magang kerja di Sariraya Co., Ltd. Seleksi dilakukan dengan memperhatikan IPK dan kemampuan programming kandidat yang mendaftar.

Disampaikan oleh Tibyani, ST., MT. selaku Staf Ahli Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FILKOM UB bahwa terdapat dua jenis beasiswa yang diberikan oleh Sariraya Co., Ltd. bagi mahasiswa FILKOM UB. Pertama adalah beasiswa magang di Sariraya Co., Ltd. Jepang selama 3 bulan yang akan dimulai bulan Februari 2018 mendatang. Kedua adalah beasiswa latihan kerja di Sariraya Co., Ltd. Jepang selama 1,5 bulan dimulai bulan Januari 2018. Magang dan pelatihan kerja yang dilakukan nantinya meliputi bidang pengembangan Web, POS dan Mobile Programming. Adapun fasilitas yang didapat selama magang dan pelatihan kerja meliputi pembiayaan tiket pulang pergi Malang – Jepang, akomodasi selama di Jepang dan uang saku. [tib/dna]