TaniKita, Aplikasi Solusi Pembangun Ekosistem Pertanian Indonesia Buatan Anggota BCC FILKOM UB

TaniKita, Aplikasi Solusi Pembangun Ekosistem Pertanian Indonesia Buatan Anggota BCC FILKOM UB

Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang menamakan dirinya Tim BCC – ADL membuat sebuah aplikasi bernama TaniKita yang berfungsi sebagai pembangun ekosistem pertanian Indonesia. Mereka adalah Muhammad Abdan Mulia (2015), Rr. Dea Annisayanti Putri (2015) dan Kristina Lely Liana (2016). Ketiganya merupakan anggota Basic Computing Community (BCC) salah satu komunitas mahasiswa di FILKOM UB.

Dijelaskan bahwa latar belakang pembuatan aplikasi ini dikarenakan jumlah lahan pertanian semakin menyusut dan banyaknya para sarjana pertanian yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. Aplikasi TaniKita mampu mendukung pertumbuhan ekosisitem pertanian Indonesia karena memiliki dua fitur utama. Pertama fitur yang mampu menghubungkan pemilik lahan dengan petani dan kedua adalah fitur yang mampu menghubungkan antara petani dengan para sarjana pertanian. Dengan fitur pertama maka akan membantu pemilik lahan untuk mengiklankan lahan yang ia miliki agar bisa dikerjakan oleh petani yang tidak memiliki lahan sendiri. Sementara itu dengan fitur kedua akan memungkinkan petani untuk dapat berkonsultasi dengan para sarjana pertanian dalam rangka mengoptimalkan hasil panen dan mengurangi banyaknya lahan yang tidak produktif.

Aplikasi TaniKita berhasil membawa tim BCC – ADL sebagai 2nd runner up dalam ajang Compfest  9 kategori App Innovation Challenge (AIC) yang diselenggarakan Universitas Indonesia (1/10/2017). Sebelum babak final, terdapat dua tahap seleksi yang harus dilalui peserta meliputi seleksi proposal dan seleksi video tentang karya yang dibuat. Untuk diketahui terdapat lima kategori yang dilombakan dalam Compfest 9 meliputi App Innovation Challenge, Business IT Case, Competitive Programming Contest, Capture the Flag dan Indie Game Ignite. [robi/dna]