Diskusi Akademik Mahasiswa Prodi Informatika Angkatan 2014 – 2015

Diskusi Akademik Mahasiswa Prodi Informatika Angkatan 2014 – 2015

Eksekutif Mahasiswa Informatika (EMIF) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan acara diskusi akademik bagi mahasiswa Informatika angkatan 2014 dan 2015 pada Jumat (20/5/2016). Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan memberikan informasi pada mahasiswa Informatika angkatan 2014 dan 2015 tentang segala sesuatu berkaitan dengan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pemilihan Keminatan dan Evaluasi Studi. Kelvin Aditya Prasetio (2015 selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan bahwa acara ini adalah agenda tahunan EMIF.
“Rencananya nanti ada diskusi akademik lagi untuk mahasiswa angkatan 2013. Sengaja kami pisah karena materi yang dibahas berbeda. Angkatan 2013 lebih butuh banyak informasi tentang KKN-P dan Skripsi,” jelas Kelvin.

Pada acara yang digelar di gedung H FILKOM UB itu beberapa narasumber dari pimpinan, dosen dan staf FILKOM dihadirkan. Mereka adalah kepala unit dan staf Badan Konseling dan Penempatan Kerja (BKPK) dan perwakilan dosen. Pada sesi pertama Wiwin Lukitohadi, S.H, S.Psi, CHRM kepala BKPK dan Prasetyo Iskandar, S.T selaku staf BKPK menyampaikan tentang peran BKPK dalam membantu pemecahan masalah mahasiswa untuk meningkatkan prestasi akademiknya. BKPK juga menyampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai sukses dalam perkuliahan. Pertama tentukan cita –cita, kenali keminatan/ hobby, jujur pada orang tua tentang segala permasalahan yang dihadapi dan merencanakan berbagai tindakan positif untuk mencapai cita – cita yang diinginkan.

Sesi kedua Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T salah satu dosen FILKOM yang tergabung dalam tim penyusun kurikulum Prodi Informatika berbagai informasi tentang draft kurikulum baru yang akan diterapkan mulai Tahun Ajaran 2016/2017 hingga empat tahun mendatang. Disampaikan oleh Herman bahwa hingga saat ini kurikulum baru tersebut masih dalam proses pembahasan oleh tim penyusun. Beberapa aturan kurikulum baru tersebut antara lain: (1) jumlah SKS minimal yang harus ditempuh untuk lulus adalah 144 sks, (2) terdapat penyesuaian keminatan dan aturan terkait keminatan, (3) syarat untuk mengambil Skripsi harus ada tiga mata kuliah keminatan yang bersesuaian dengan topik skripsi.
“Sekali lagi saya informasikan bahwa aturan ini masih dalam pembahasan. Untuk aturan pastinya pada tahun ajaran baru mendatang baru akan diberlakukan,” jelas Herman.

Sementara itu Rekyan Regasari Mardi Putri, S.T, M.T selaku ketua Gugus jamin Mutu (GJM) FILKOM UB pada sesi ketiga menyampaikan informasi terkait cara melakukan registrasi akademik dan pengisian KRS online. Disampaikan oleh Rekyan bahwa informasi manual prosedur untuk berbagai pengurusan administrasi perkuliahan dapat diakses di official website FILKOM UB.
“Di website FILKOM bisa dilihat semua manual prosedur mulai daftar ulang, batal tambah mata kuliah sampai pengurusan yudisium dan wisuda. Bisa diakses di menu jaminan mutu dan sub menu manual prosedur,” jelas Rekyan. [dna]