FILKOM UB : Kuliah Tamu Webinar Strategi Lolos PMDSU 2024

FILKOM UB : Kuliah Tamu Webinar Strategi Lolos PMDSU 2024

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), mengadakan kuliah tamu webinar dengan tema ‘Strategi Jitu Lolos Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) batch VIII Tahun 2024’. Acara dilaksanakan pada Minggu (14/7/2024), melalui Google Meet. PMDSU adalah salah satu program beasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Program bertujuan untuk mempercepat proses pendidikan bagi mahasiswa yang berprestasi sehingga mereka dapat menyelesaikan program magister (S2) dan doktor (S3) dalam waktu yang relatif singkat.

Acara yang dipandu oleh Tibyani, S.T., M.T selaku moderator, menghadirkan Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom. (Alumni PMDSU Batch III) dan Dr. Kiki Gustinasari, S.T. (Alumni PMDSU Batch III). Pada kesempatan ini beliau berdua menyampaikan dengan berhasil memperoleh PMDSU, kesempatan untuk mendapatkan education quality terbaik sangat terbuka telebih lagi education expenditure seluruhnya ditanggung oleh pemerintah Indonesia.

Beberapa tip atau strategi yang diberikan oleh dua narasumber ini antara lain, pertama, dengan mempersiapkan berkas secara lengkap dan tepat. Kelengkapan transkrip nilai dari jenjang S1 lengkap. Kedua adanya surat rekomendasi dari dosen atau pembimbing yang mengenal pemohon dengan baik dan dapat memberikan penilaian positif mengenai kemampuan dan potensi pemohon. Ketiga, pemohon wajib memperhatikan persyaratan dan juga deadline yang berlaku untuk PMDSU. Acara yang berlangsung selama 120 menit ini berlangsung sangat lancar, respon positif dan juga antusias dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta di sesi tanya jawab. (rr)