Prodi TKOM dan Lab RES Sosialisasikan Topik Skripsi Keilmuan Teknik Komputer TA Genap 2023/2024

Prodi TKOM dan Lab RES Sosialisasikan Topik Skripsi Keilmuan Teknik Komputer TA Genap 2023/2024

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) – Program Studi Teknik Komputer (Prodi TKOM) bersama dengan Laboratorium Robotika dan Embedded System (Lab RES) telah mengadakan acara Sosialisasi Topik Skripsi Keilmuan Teknik Komputer bagi mahasiswa Prodi TKOM yang akan menempuh tugas akhir skripsi khususnya Angkatan 2020 pada hari Kamis (15/02/2024) secara daring. Sosialisasi via ZOOM ini dipimpin oleh Ketua Prodi TKOM, Barlian Henryranu Prasetio, S.T., M.T., Ph.D, serta Ketua Lab RES, Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng. Ph.D, dengan dihadiri oleh sekitar 65 peserta. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin Prodi TKOM dan Lab RES yang selain bertujuan menjaga kualitas pendidikan dan untuk membantu mahasiswa dalam menentukan topik skripsi mereka dengan lebih mudah dan terfasilitasi.

Barlian memulai acara dengan paparannya mengenai kelayakan topik skripsi dari perspektif ilmu teknik komputer. Barlian juga menyampaikan bahwa dalam bidang teknik komputer, fokusnya lebih pada implementasi perangkat keras, yang menitikberatkan pada pengembangan alat daripada laporan. Mahasiswa akan diberikan topik skripsi oleh dosen dan mereka diberi kebebasan untuk berinovasi dalam topik tersebut. Jika mereka mengalami kesulitan dalam menemukan metode, mereka dapat langsung berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Menurut Barlian, skripsi adalah hasil karya mahasiswa, sementara dosen hanya memberikan masukan dan bimbingan. Mahasiswa diharapkan untuk berinovasi dalam karyanya sesuai dengan arahan dari dosen pembimbing. Meskipun fokusnya pada pengembangan produk perangkat keras, penting untuk diingat bahwa skripsi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu implementatif dan non-implementatif. Yang terpenting adalah mahasiswa dapat menemukan solusi dari masalah yang ada dalam kehidupan nyata.

Selanjutnya, Edita memperkenalkan Lab RES yang merupakan satu-satunya laboratorium perangkat keras di FILKOM UB yang memiliki fokus utama dalam desain dan implementasi robotika dan sistem embedded. Edita juga memperkenalkan para dosen yang terlibat dalam Lab RES beserta bidang keahlian mereka, sehingga mahasiswa dapat lebih mengenal mereka dan mengetahui bidang ilmu mana yang cocok dengan topik skripsi yang akan mereka ambil. Pada tahun 2024 ini, Lab RES menawarkan tiga topik besar, yaitu Mobile Robotics & Quadcopter; Bioinformatics Engineering; dan IoT Embedded Devices and System. Kemudian disampaikan pula bagi mahasiwa bimbingan skripsi/ thesis/lomba yang memerlukan peminjaman peralatan LAB RES, mohon dapat menyimak dan mengakses: 1) Guidebook peminjaman alat: https://s.ub.ac.id/guidebooklabres , 2) Data barang inventaris (untuk melihat barang yang akan dipinjam): https://s.ub.ac.id/inventaris-lab-res. Untuk melakukan peminjaman alat menggunakan Form: https://s.ub.ac.id/peminjamanfaslabres . (erw/bhp/rr)

Terkait materi dari Kaprodi Tekkom dapat di unduh disini.
Panduan singkat mengenai penulisan skripsi dapat di unduh disini.
Pendataan Topik Skripsi Keilmuan Teknik Komputer dapat melalui link berikut. https://s.ub.ac.id/topikskripsi2024