Optimasi Permasalahan Industri dan Solusinya Menggunakan Meta-heuristic dan DeepLearning

Optimasi Permasalahan Industri dan Solusinya Menggunakan Meta-heuristic dan DeepLearning

Universitas STEKOM bekerjasama dengan Universitas Brawijaya khusunya Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dalam menyelenggarakan webinar dengan tema “Optimasi Permasalahan Industri dan Solusinya Menggunakan Meta-heuristic dan DeepLearning” pada hari Kamis (23/9/2021) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan disiarkan secara live di kanal Youtube Universitas STEKOM. Menariknya, dalam kegiatan webinar kali ini pemateri diisi oleh Dekan FILKOM UB, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. dan Migunani, M.Kom selaku Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas STEKOM.

Industri pada saat ini merupakan sektor ekonomi yang menjadi tulang punggung hampir di seluruh negara di dunia. Seiring berkembangnya teknologi dan informasi telah membawa kita sampai di industri 4.0. Adanya campur tangan sistem cerdas dan optimasi dalam industri, hal ini digerakkan oleh data melalui teknologi machine learning dan AI (Artificial Intelligence). Beragam permasalahan industri yang muncul, seiring perkembangan yang ada menuntut kita untuk menemukan metode untuk solusi terhadap permasalahan yang ada.

Mengawali acara sambutan disampaikan oleh Rektor Universitas STEKOM, Dr. Joseph Teguh Santoso, S.Kom., M.Kom. yang menyampaikan terima kasih untuk para narasumber khususnya Dekan FILKOM yang berkenan hadir dan menyampaikan ilmunya pada mahasiswa STEKOM yang hadir.

“webinar kali ini akan sangat bermanfaat dan berguna bagi para mahasiswa yang kedepannya berencana bekerja di sebuah industri tertentu. Tentunya berbagai macam permasalahan industri semakin lama semakin banyak, dan perlu diselesaikan dengan metode yang cepat dan akurat pada titik permasalahan, serta berkesinambungan tidak memunculkan permasalahan yang lain” ujar Josh dalam sambutannya.

Masuk dalam materi, Wayan menjelaskan mengenai contoh permasalahan dalam industri, pengertian Algoritma Heuristic dan MetaHeuristic, mekanisme pencarian solusi dan siklus algoritma. Untuk permasalahan dalam industri, Wayan memberikan gambaran kepada para mahasiswa mengenai penjadwalan operasional mesin pada industri yang bekerja secara 24 jam tanpa henti oleh operator (manusia). Optimalnya dengan mengatur beban operator agar tidak bekerja lebih dari 10 jam sehari dan ada pembagian shif kerja yang adil.

Algoritma Heuristic oleh Wayan dijelaskan sebagai metode pencarian yang didasarkan atas intuisi atau aturan-aturan empiris untuk memperoleh solusi yang lebih baik daripada solusi yang telah dicapai sebelumnya. Tidak selalu menghasilkan solusi optimum, jika dirancang dengan baik akan menghasilkan solusi yang mendekati optimum dalam waktu yang relative cepat. Sedangkan, Algoritma Meta-Heuristic dianggap sebagai manajer dari beberapa algoritma heuristic untuk dapat terorganisir mencari solusi dari sebuah permasalahan.

Selanjutnya masuk dalam materi kedua, Migunani menjelaskan mengenai manfaat AI – Machine Learning (ML) untuk optimasi permasalahan industri. ML adalah jenis kecerdasan buatan (AI) yang memberikan komputer kemampuan untuk belajar tanpa deprogram secara eksplisit, serta berfokus pada pengembangan program komputer yang dapat berubah saat mengekspos data baru. Ada 5 teknologi AI yang Sebagian besar banyak diterapkan di industri, diantarannya robotika, computer vision, natural language processing, agen virtual dan machine learning sendiri.

Seiring bertambahnya jaman banyak perusahaan-perusahaan yang berinvestasi AI, karena potensi AI untuk meningkatkan peramalan penjualan, mengoptimalkan dan mengotomatisasi operasi, mengembangkan pemasaran dan penetapan harga yang ditargetkanserta meningkatkan pengalaman pengguna.

Di akhir acara dilanjutkan oleh diskusi hangat antara pemateri dengan mahasiswa yang hadir dalam acara webinar ini. sebagai penutup, Wayan juga menyampaikan bahwa mesin tidak semestinya menyingkirkan manusia, begita ada suatu pekerjaan yang sifatnya kompetitif atau berulang digantikan oleh komputer ataupun AI, maka tugas manusia adalah selalu berinovasi yaitu mengerjakan tugas yang bersifat kreatif. itulah sifat manusia yang tidak dapat digantikan oleh mesin.(drn)

Untuk video/record kegiatan dapat dilihat di https://bit.ly/yt-solusiindustri