Techniques, Theories in Implementing Big Data

Techniques, Theories in Implementing Big Data

Melanjutkan kuliah tamu dari program Hibah Visiting Professor 3 in 1 yang bekerjasama dengan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), kali ini Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer mengundang Prof. Dr. Nazri Mohd Nawi yang diselenggarakan pada hari Jum’at (24/9/2021). Materi yang akan disampaikan pada pertemuan kali ini yaitu Techniques, Theories in Implementing Big Data dan dipandu oleh Sufia Adha Putri S.Kom., M.Sc sebagai moderator acara. Dosen dan mahasiswa FILKOM turut berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan kuliah tamu Prof. Nazri yang kali kedua mengisi materi di FILKOM.

“Apa itu data? Data sudah pasti tidak akan berkurang karena sebagian besar dalam keilmuan computer science kita memiliki tugas utama untuk membatu mengoprasionalkan semua sistem yang ada di sekitar kita. Sebagai mahasiswa sudah menjadi menjadi tanggung jawab untuk mengubah sitem manual menjadi sistem yang otomatis melalui komputer”, ujar Prof. Nazri

Prof. Zazri juga menjelaskan mengenai database, dimana Database atau basis data adalah kumpulan data yang dikelola sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berhubungan sehingga mudah dalam pengelolaannya. Melalui pengelolaan tersebut pengguna dapat memperoleh kemudahan dalam mencari informasi, menyimpan informasi dan membuang informasi.

Big data sendiri merupakan pengembangan dari database pada umumnya. Yang membedakan disini adalah proses kecepatan, volume, dan jenis data yang tersedia lebih banyak dan bervariatif daripada database pada umumnya.

Kemudian Prof Nazri menyampaikan pengertian mengenai Data Mining. Data Mining adalah salah satu good solution untuk mengitahui sejauhmana pemrogram dapat mengolah database yang sudah tersedia, dan dapat menjawab permasalahan yang tidak dapat dijawab oleh traditional database. Data mining membantu menjabarkan segala informasi secara kaidah analytics. Kenapa diperlukan menggunakan kaidah anaytics? Suatu proses secara ilmiah (scientific) untuk data yang terkumpul dalam database menjadi suatu informasi yang berguna untuk membantu membuat keputusan secara cepat serta mambantu agar lebih kompetitif kedepannya. Data sendiri tidak akan berguna kecuali kita yang memahaminya.

Selanjutnya Prof. Nazri juga menjelaskan Knowledge Discovery in Database (KDD) dimana proses penemuan pengetahuan dalam database. Secara lengkap KDD didefinisikan sebagai proses ekstraksi atau identifikasi pola, pengetahuan dan informasi potensial dari sekumpulan data yang besar. Pengetahuan dan informasi yang dihasilkan dari KDD bersifat sah, baru, mudah dimengerti, dan bermanfaat.

Banyak sekali materi yang disampaikan oleh Prof Nazri, mulai dari perbandingan data mining dengan KDD, penerapan data mining, metodologi data mining, machine learning, dan tipe-tipe machine learning (supervised, unsupervised dan reinforcement). Kegiatan kuliah tamu ini ditutup dengan sesi tanya jawab kepada Prof. Nazri oleh dosen dan mahasiswa yang hadir.(drn)