Fokus Perkembangan IT di Indonesia, PTIIK Gelar Gathering Bersama IBM

Fokus Perkembangan IT di Indonesia, PTIIK Gelar Gathering Bersama IBM

Peduli terhadap perkembangan Teknologi Informasi (TI) di Indonesia, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya bekerjasama dengan International Business Machines Corporation (IBM) menggelar Gathering bersama perwakilan institusi pendidikan berbasis IT yang ada di Indonesia (18/12). Bertempat di ruang pertemuan Gd. A PTIIK UB acara ini dihadiri oleh tenaga pengajar perwakilan dari PTIIK UB, Politeknik Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Institut Pertanian Bogor, SMK Telkom Sandhy Putra, STIKOM Surabaya, Universitas Indonesia dan Universitas Islam Negeri Malang.

Meirissa Farah Fhonna, Perwakilan dari Academic Initiative IBM Indonesia yang hadir dalam gathering tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dirancang untuk berbagi pengetahuan tentang teknologi IBM yang dapat dimanfaatkan untuk perkembangan institusi pendidikan di Indonesia. Pada kesempatan itu perempuan yang akrab disapa Icha ini membuka sharingnya dengan memperkenalkan IBM Academic Initiative Program.
“IBM Academic Initiative Program ini adalah suatu program yang sengaja dikembangkan oleh IBM untuk dunia pendidikan dengan menyediakan training materials, curriculum guides, software dan hardware secara gratis untuk keperluan pengajaran,” jelas Icha.

Support dari IBM ini dirasa penting, mengingat banyaknya lulusan perguruan tinggi yang belum memiliki kemampuan sesuai dengan harapan perusahaan-perusahaan di dunia kerja. Icha mengatakan dengan ikut serta dalam program IBM Academic Initiative ini maka diharapkan para tenaga pengajar dapat terbantu dalam mempersiapkan anak didiknya untuk berkarir dalam bidang TI, khususnya sebagai business analysts, data scientists, cybersecurity proffesionals dan software engineers.

Untuk dapat tergabung dalam program ini, institusi pendidikan ataupun perwakilannya dapat terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara online. Menurut Icha proses pendaftaran tidak membutuhkan persyaratan yang rumit. Sebuah institusi atau tenaga pengajar perwakilannya cukup mencantumkan url website resmi institusinya. Kemudian pihak IBM akan melakukan proses verifikasi data dan pengumuman penerimaan atau penolakan akan dikirimkan ke email masing-masing pendaftar dalam waktu 5 hari setelah pendaftaran. Jika telah terdaftar dan tergabung dalam IBM Academic Initiative program, maka institusi terkait atau perwakilannya akan bisa mendapatkan akses untuk mengunduh berbagai software IBM secara gratis.

Tidak hanya itu, bagi tenaga pengajar maupun anak didiknya juga dapat mendapatkan berbagai sertifikasi IBM. Sertifikasi ini penting bagi lulusan suatu institusi pendidikan untuk dapat bekerja di perusahaan, khususnya IBM’s Business Partner baik skala lokal maupun internasional. Setahun terakhir ini PTIIK UB bekerjasama dengan IBM telah secara konsisten menggelar pelatihan dan sertifikasi, antara lain untuk IBM DB2 fundamental dan OOAD. Diharapkan, manfaat atas kerjasama PTIIK dengan IBM ini tidak hanya dirasakan dalam lingkup UB saja, tapi juga oleh masyarakat luas. Karenanya, pelatihan dan sertifikasi IBM yang semula diutamakan bagi mahasiswa PTIIK, kini dibuka dan dapat diikuti oleh mahassiswa atau masyarakat umum. Informasi mengenai jadwal pelaksanaan dan pendaftarannya dapat diketahui melalui website ptiik.ub.ac.id. [dna]