Pelatihan dan Sertifikasi NI LAbVIEW Mahasiswa Teknik Komputer

Pelatihan dan Sertifikasi NI LAbVIEW Mahasiswa Teknik Komputer

Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan pelatihan National Instruments LabVIEW dan sertifikasi Certified LabVIEW Associate Developers (CLAD) bagi mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 (20/8/18 – 3/9/18). Pelatihan ini sebagai tindak lanjut karena empat dosen dan empat tenaga kependidikan di FILKOM telah berhasil mendapatkan sertifikasi CLAD. Sumber daya manusia (SDM) yang telah tersertifikasi CLAD kemudian diperbolehkan memberikan pelatihan bagi mahasiswa.

Dijelaskan oleh Wijaya Kurniawan, S.T, M.T bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa yang akan lulus agar dapat memperoleh sertifikasi internasional CLAD yang bisa memberikan nilai tambah bagi mereka saat memasuki dunia kerja. Pelatihan dilakukan dalam 10 kali pertemuan dengan materi meliputi LabVIEW Core 1 dan 2 serta pengenalan data akuisisi menggunakan NI Elvis. Materi LabVIEW Core 1 meliputi navigating LabVIEW, creating your first application, troubleshooting and debugging VIs, using Loops, creating and leveraging data structures, using decision making structures, modularity, acquiring measurements from hardware, accesing files in LabVIEW serta Sequential and Satte-Based Designs. Sementara materi LabVIEW Core 2 meliputi using variables, communicating data between parallel loops, implementing design patterns, controlling the user interface, file I/O techniques, refactoring code serta creating and distributing applications.

Setelah mendapatkan semua materi tersebut pada pertemuan ke 11 peserta pelatihan akan mengikuti ujian sertifikasi CLAD. Tercatat sejumlah 38 mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang ikut serta dalam pelatihan ini. Untuk diketahui beberapa manfaat pemegang sertifikasi NI LabVIEW antara lain; diakui kompetensinya secara resmi oleh NI dalam skala internasional, mendapat kesempatan untuk project baru yang memerlukan CLAD. Beberapa perusahaan rekanan yang telah menggunakan teknologi LabView NI di Indonesia antara lain; PLN, LIPI, Chevron, ElNusa, BPPT dan LAPAN. [dna]