Terapkan GIS, Dosen FILKOM Buat Peta Elektronik Universitas Brawijaya

Terapkan GIS, Dosen FILKOM Buat Peta Elektronik Universitas Brawijaya

Dengan menerapkan pemanfaatan Geographic Information System (GIS), Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si., M.Sc. salah satu dosen di Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) membuat sebuah WebGIS (Website Geographic Information System) untuk wilayah Universitas Brawijaya (UB) yang diberi nama “UB Map”. Mengingat cukup luasnya wilayah UB dan masih banyaknya mahasiswa UB yang belum paham betul setiap sudut tempat di UB khususnya mahasiswa baru, maka UB Map ini dibuat.

Disampaikan oleh Fatwa bahwa hingga saat ini UB Map masih berbentuk peta dan dalam proses pengembangan lebih lanjut. Meski demikian UB Map versi sekarang ini sudah dapat memberikan cukup banyak informasi bermanfaat. Khususnya menunjukkan letak berbagai gedung fakultas dan unit serta sarana dan prasarana yang ada di UB. Pada setiap sarana prasarana yang ada diberikan penanda berupa legenda yang memudahkan pengguna dalam memahami peta. Tidak hanya itu, jika pengguna meng-klik gedung atau daerah tertentu akan muncul keterangan lebih lanjut. Sebagai contoh jika pengguna memilih gerbang UB panjaitan, maka akan muncul keterangan bahwa gerbang tersebut adalah gerbang masuk untuk berbagai jenis kendaraan dan pejalan kaki. Ditampilkan pula jam buka tutup gerbang.

UB Map yang dibuat terintegrasi dengan google maps menyediakan fitur direction yang berfungsi untuk menunjukkan jalan menuju daerah atau gedung tertentu di UB yang dipilih. UB Map juga dibuat dengan tujuan untuk dapat memetakan kondisi tata ruang di UB. Untuk kebutuhan tersebut, UB Map juga menyuguhkan menu statistik yang berisi rekap jumlah gedung dan fasilitas umum yang ada di UB. Jumlah ruang terbuka hijau, tempat parkir, kolam dan gazebo juga dipetakan secara detil dalam UB Map.
“Datanya saya dapat dengan bantuan mahasiswa dari hasil tugas pengantar Geoinformatika. Kelas saya bagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok saya tugaskan di wilayah di UB yang berbeda,” ujar Fatwa.

Saat ini UB Map dapat diakses pada link http://175.45.187.245/, karena masih dalam proses pengembangan, data yang disajikan dalam UB Map masih terbatas, untuk itu sedikit demi sedikit data pada UB Map masih akan terus dilengkapi mengingat data yang tersaji hingga saat ini masih merupakan data dari gedung inti di UB.
“Ini untuk gedung kecil-kecil seperti UKM mahasiswa juga masih belum. Jadi masih akan kita kembangkan lagi,” jelas Fatwa. [dna]