Pamerkan Produk Unggulannya, Stand FILKOM Terbaik di Expo UB 2015

Pamerkan Produk Unggulannya, Stand FILKOM Terbaik di Expo UB 2015

Stand pameran produk unggulan Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) terpilih sebagai stand terbaik dalam acara Expo dan Open House Universitas Brawijaya (UB) 2015 yang diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis UB ke 53. Dalam acara yang dgelar selama dua hari tersebut (21 – 22/12) seluruh fakultas dan unit kerja di UB ikut berpartisi memamerkan berbagai hasil karya dan penelitian unggulannya. Tidak terkecuali FILKOM UB yang turut menyuguhkan berbagai hasil karya mahasiswa dan dosen. Karena karya yang ditampilkan cukup beragam dan menarik, maka pengunjung yang hadir dan panitia menganugerahkan gelar stand terbaik pada stand FILKOM.

Hasil karya unggulan yang ditampilkan FILKOM pada kesempatan tersebut antara lain game maze hasil penerapan augmented reality sehingga memungkinkan pemain dapat merasakan bermain dengan suasana yang menyerupai kenyataan. Game maze ini harus dimainkan dengan menggunakan alat khusus yang dipasang dimata pemain. Dengan menggunakan alat tersebut maka pemain akan melihat suasana disekitarnya sedang berada disebuah labirin. Kemudian pemain cukup bergerak memilih jalan dan ruang untuk menemukan jalan keluar. Setiap kali bergerak maka suasana yang ditampilkan dalam game akan berubah seperti layaknya kondisi riil. Oleh karena pemain harus bergerak dengan bebas, maka dibutuhkan ruang yang luas untuk memainkan game ini.

Selain itu pada kesempatan tersebut FILKOM memamerkan pula hasil karya laboratorium sistem komputer dan robotika, berupa robot – robot dengan berbagai macam fungsi. Antara lain, robot sepak bola yang biasa digunakan dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan robot hewan yang menyerupai anjing. Pengunjung yang merupakan mahasiswa UB dan siswa SMA sederajat se-Jawa Timur yang diundang untuk hadir, banyak yang melihat dan mencoba memainkan hasil karya yang dipamerkan di stand FILKOM tersebut.

Untuk diketahui, Expo dan Open House UB 2015 tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan UB beserta unit kerja dan fakultas yang terdapat didalamnya kepada masyarakat. Harapannya pengunjung yang hadir, khususnya para siswa SMA sederajat se-Jawa Timur dapat tertarik dan kemudian menjadikan salah satu fakultas di UB sebagai target studi lanjutnya setelah lulus dari bangku SMA.