SMKN 1 Boyolangu Tulungagung Kenalkan FILKOM UB Pada Siswanya

SMKN 1 Boyolangu Tulungagung Kenalkan FILKOM UB Pada Siswanya

SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung membawa siswa-siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) melakukan kunjungan ke Malang. Tujuan kunjungan difokuskan pada kunjungan universitas dan kunjungan industri. Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) Universitas Brawijaya dipilih sebagai tujuan pelaksanaan kunjungan universitas. Sementara salah satu perusahaan provider di Malang dijadikan tujuan kunjungan industri.

Disampaikan oleh Siswanti Purwaningsih, ST. selaku Ketua Program Keahlian TKJ SMKN 1 Boyolangu Tulungagung bahwa peserta kunjungan terdiri atas 77 siswa dengan 4 guru pendamping. Kegiatan tersebut diakuinya sebagai agenda tahunan sekolah yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan tambahan pengetahuan bagi siswa tentang jenjang studi di perguruan tinggi dan dunia kerja yang akan menjadi pilihan kedepan para siswa setelah lulus dari bangku SMK.
“Harapannya setelah mengikuti kunjungan ini para siswa dapat memiliki gambaran tentang perguruan tinggi yang memiliki jurusan atau keminatan TKJ. Selain itu mereka juga mengerti bagaimana industri yang berhubungan dengan TKJ beroperasi. Sehingga kemudian mereka bisa menentukan akan kemana nanti setelah lulus dari SMK,” ungkap Siswanti.

Seperti pada kunjungan Sekolah Menengah lainnya, pada kunjungan kali ini peserta yang hadir juga disuguhi informasi singkat tentang FILKOM UB. Khususnya dijelaskan bahwa kini FILKOM memiliki tiga pilihan program studi (prodi) yaitu Informatika, Sistem Informasi dan Pendidikan Teknologi Informasi. Selain itu, bagi siswa yang nantinya diterima di prodi informatika akan dapat memilih salah satu dari keminatan informatika atau sistem komputer.

Rombongan SMKN 1 Boyolangu yang hadir mengikuti penjelasan dengan antusius, terutama ketika Mahardeka Tri Ananta, S.Kom., M.T., M.Sc. dan Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. perwakilan dosen FILKOM menjelaskan tentang fasilitas laboratorium yang ada di FILKOM. Banyak siswa yang menyampaikan pertanyaan terkait Laboratorium Sistem Komputer dan Robotika (Lab Siskombot) yang ada di FILKOM. Antara lain pertanyaan tentang robot apa saja yang sudah dibuat di lab siskombot, lalu apakah lab siskombot juga memproduksi komponen robot sendiri atau masih membeli dari pihak ketiga dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Siswanti sebagai perwakilan SMKN 1 Boyolangu mengungkapkan bahwa pihaknya berharap agar kunjungan ini kemudian akan dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan kerjasama akademik lainnya dikemudian hari.
“Kita SMKN 1 Boyolangu juga memiliki program Guru Tamu, dimana kita menghadirkan praktisi atau dosen di bidang yang berkaitan dengan jurusan yang ada di sekolah kami. Harapannya nanti kedepan dari FILKOM bisa hadir di sekolah kami untuk menjadi guru tamu dan menunjukkan cara pembuatan robot atau materi menarik lainnya,” ungkap Siswanti. [dna]