Pelaksanaan PEMIRA UB 2015 di FILKOM

Pelaksanaan PEMIRA UB 2015 di FILKOM

Pemilihan Mahasiswa Raya Universitas Brawijaya 2015 (Pemira UB 2015) telah terlaksana pada Rabu (16/12). Pesta demokrasi mahasiswa ini menjadi wadah untuk menyuarakan aspirasi seluruh mahasiswa UB dalam memilih perwakilannya sebagai presiden dan wakil presiden Eksekutif Mahasiswa UB (EM UB) periode tahun 2016. Pelaksanaannya dilakukan disetiap fakultas yang ada di UB, termasuk juga di Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK). Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini pemilihan dilakukan dengan menerapkan sistem “Brawijaya Vote”. Yaitu sistem pemilihan paperless dan semi elektronik dalam melakukan pemilihan.

Pelaksanaan Pemira UB 2015 di FILKOM meski sempat mengalami kendala teknis yang membuat proses pemiihan terhenti hingga dua setengah jam lamanya, namun akhirnya dapat terselesaikan dengan baik. Jadwal Pemira UB yang semula direncanakan untuk diakhiri pukul 15.00 WIB kemudian di tempat pemungutan suara (TPS) FILKOM diperpanjang hingga pukul 18.30 WIB. Dari sekitar 6.000 mahasiswa FILKOM, pada hari tersebut terdapat 647 mahasiswa FILKOM yang menggunakan hak suaranya untuk memilih. Hermawan Dwi Putra, SH., staf kemahasiswaan FILKOM yang juga terlibat menjadi salah satu panitia pelaksanaan Pemira UB 2015 di TPS FILKOM mengungkapkan bahwa jumlah pemilih di FILKOM pada Pemira tahun ini menurun dibanding tahun lalu.
“Tahun lalu dari total empat ribu mahasiswa FILKOM, jumlah mahasiswa yang menggunakan hak pilihnya mencapai seribu seratusan mahasiswa,” ungkapnya.

Meski demikian panitia Pemira UB 2015, khususnya di FILKOM telah memberikan upaya terbaiknya. Mulai dari publikasi yang dilakukan via website dan social media, hingga pada hari H di depan tempat pemilihan yang berlokasi di gedung H FILKOM panitia masih menyediakan papan informasi. Papan tersebut berisikan petunjuk cara melakukan pemilihan dengan sistem Brawijaya Vote dan curriculum vitae para calon tetap presiden dan wakil presiden EM UB serta DPM UB 2016. Dari daftar tersebut terdapat dua mahasiswa FILKOM sebagai calon tetap DPM UB 2016. Mereka adalah Dewan Rizky Bahari (IF/2012) dan Marwa Mudrikatussalamah (IF/2012).