BCC Sukses Selenggarakan CARBON 1.5, Lomba Pemrograman Pertama di FILKOM

BCC Sukses Selenggarakan CARBON 1.5, Lomba Pemrograman Pertama di FILKOM

Tidak adanya kompetisi bidang programming di Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK), membuat Komunitas Laboratorium Komputer (Basic Computing Community/BCC) tergerak untuk menyelenggarakan acara yang membangkitkan minat mahasiswa di bidang pemrograman. Kompetisi Pemrograman dan Algoritma Dasar pertama di FILKOM tersebut diberi nama CARBON 1.5 atau Code and Algorithm Basic Competition. CARBON diharapkan dapat membakar logika para peserta untuk menghasilkan suatu solusi pemrograman.

CARBON 1.5 terdiri atas dua kategori yaitu Basic dan Advance. Kategori Basic hanya dapat diikuti oleh mahasiswa FILKOM angkatan 2014, sedangkan Advance untuk mahasiswa FILKOM angkatan 2013 dan khusus untuk mahasiswa angkatan 2014 yang merasa mampu mengerjakan soal di tingkat tersebut.

Kompetisi yang diikuti oleh 111 mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 ini, terdiri dari tiga tahap lomba. Pertama adalah tahap seleksi dasar. Pada tahap ini peserta diuji kemampuan dasarnya dengan menyelesaikan soal tertulis berupa problem solving dalam bentuk algoritma, logika dan matematika. Tahap kedua adalah tahap dimana peserta diharuskan untuk mampu mengimplementasikan algoritma problem solving ke dalam bentuk program. 20 peserta lolos memasuki tahap final dan di tahap ini selain harus mampu mengimplementasikan algoritma ke dalam program, peserta juga harus mampu mempresentasikan algoritmanya di depan para juri.

Dari setiap kategori kemudian diambil tiga peserta terbaik untuk menduduki peringkat Juara 1, 2 dan 3. Pengumuman dan penghargaan pemenang diselenggarakan pada Jumat (11/9) dengan dimeriahkan penampilan acoustic dari homeband, Beatbox Bledez dan PSDC Bios Dance Crew. Selain mendapatkan vandel dan Sertifikat, setiap juara dari masing – masing kategori juga mendapat fresh money senilai Rp 600.000 untuk Juara I, Rp 400.000 untuk Juara II dan Rp 200.000 untuk Juara III. Tidak hanya para pemenang saja, para finalis CARBON 1.5 juga diberikan kesempatan untuk mengikuti open recruitment PT. ACE, salah satu perusahaan yang menjadi sponsor pada kegiatan tersebut. Selain itu peserta dan para penonton juga dimanjakan dengan doorprize besar-besaran yaitu Modem Wifi, 2 buah Headset, 3 buah Mouse Gaming dan 10 buah Flashdisk.

CARBON 1.5 diharapkan dapat terus dikembangkan pada tahun mendatang. Dengan acara kompetisi Algoritma dan Programming yang lebih baik dan hadiah lebih besar, diharapkan dapat menarik banyak peminat dari kalangan mahasiswa FILKOM. Yoan Ochotan, HR Recruitment & Public Relations PT. ACE salah satu sponsor pada acara tersebut berharap agar Carbon 1.5 mampu menghasilkan mahasiswa yang jago dalam bidang Algoritma, karena saat ini banyak perusahaan besar sedang membutuhkan tenaga kerja seperti itu.
“Sangat susah untuk mencari calon-calon pekerja IT yang menguasai Algoritma, ungkap Yoan. [vera/dna]

Berikut adalah daftar nama pemenang CARBON 1.5

Kategori Basic

  1. Juara 1 Yoga Saputra Hariyanto Kusumo (Informatika/2014).
  2. Juara 2 Ilham Akbar Ahmadi (Informatika/2014)
  3. Juara 3 Muchammad Rizal (Informatika/2014)

Kategori Advance

  1. Juara 1 Moch. Fahmi Reza (Sistem Informasi/2013)
  2. Juara 2 Ranu Goldan Yeara Elzatar (Informatika/2013)
  3. Juara 3 Fahri Ariseno (Informatika/2013)