Kembangkan Sistem Perbankan Berbasis TI, PT. BRI (Persero) Tbk. Jaring Lulusan Terbaik FILKOM

Kembangkan Sistem Perbankan Berbasis TI, PT. BRI (Persero) Tbk. Jaring Lulusan Terbaik FILKOM

“Bisnis perbankan tidak pernah terlepas dari Teknologi Informasi (TI) bahkan sering kali perkembangan perbankan di drive oleh TI”. Hal tersebut diungkapkan oleh Fajar Prasetyo, Ka. Desk. Change Management Divisi STO PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk. pada acara sharing session dan campus recruitment Senin (21/9). Menyadari hal tersebut maka sejak 2009 lalu BRI telah mengembangkan sistem perbankan berbasis TI. Berbagai layanan real time online telah banyak diluncurkan oleh BRI untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi sehari-hari.
“BRI mendevelop sendiri sistem TI dan tidak membeli ke vendor. Karena itu kita butuh banyak tenaga TI untuk direkrut dan mengembangkan TI BRI bersama-sama,” ungkap Fajar.

Setelah melakukan rekrutmen untuk lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya/FILKOM UB (d/h PTIIK) pada Juni 2015 lalu, kali ini BRI kembali hadir dengan tujuan serupa yaitu mencari lulusan terbaik FILKOM untuk bergabung dalam Program Pengembangan Staf Information Technology (PPS IT). Istimewanya tahap perekrutan ini dilakukan dengan cukup cepat dalam hitungan hari. Sehingga kandidat yang ikut serta dalam proses perekrutan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapat kepastian. Tujuh tahapan seleksi yang dilaksanakan dalam tujuh hari meliputi seleksi administrasi, wawancara awal, seleksi psikologi, kemampuan bahasa Inggris, tes kompetensi IT, wawancara akhir dan tes kesehatan.

Dijelaskan oleh Asep Ikhsan Iskandar, Kabag. Recruitment Divisi KPS bahwa wawancara awal dilaksanakan di UB. Sementara tes psikologi dan kemampuan bahasa Inggris dilakukan di konsultan eksternal BRI. Untuk tes kompetensi IT nanti kandidat akan diminta membuat suatu pemrograman tertentu yang telah ditetapkan. Kemudian bagi kandidat yang diterima dalam PPS IT akan menjalani 6 (enam) bulan masa pendidikan. Pada masa tersebut kandidat terpilih dengan didampingi senior akan ditugaskan untuk membuat program yang dapat dideploy di production BRI. Fajar menambahkan agar para kandidat tidak khawatir, karena dalam setiap penugasan karyawan junior akan tetap dibimbing para senior.
“Jangan khawatir OS dan database yang kita gunakan di BRI kalian juga pasti sudah familiar. OS kita pakai Linux, database MySQL, lalu bahasa terserah bisa PHP, Java kalian pasti juga sudah familiar,” ujar Fajar. [dna]