Kolaborasi Mahasiswa FILKOM dan FMIPA Raih Medali Emas di Ajang Internasional IYIA 2015

Kolaborasi Mahasiswa FILKOM dan FMIPA Raih Medali Emas di Ajang Internasional IYIA 2015

Tim perwakilan Universitas Brawijaya yang beranggotakan mahasiswa FILKOM dan FMIPA berhasil meraih Medali Emas bidang pendidikan di ajang kompetisi International Young Inventor's Award (IYIA) 2015 (8/6). Mereka adalah Mochammad Iskandar A. R. (IF/2014), Raka Yudha Pratama (FMIPA/2014), Elmia Hidayati (FMIPA/2014), Novili Fitra S. N. (FMIPA/2014) dengan karyanya FUNTATION (Fun Learning With Rotation). Pada tahap final di UNJ, Jakarta perwakilan UB harus bersaing dengan perwakilan mahasiswa dari ASIA dan EROPA, seperti; Malaysia, India, Yordania, Mesir, Sri Lanka, Korea Selatan, Taiwan dan Thailand.
 
Disampaikan oleh Iskandar bahwa Funtation merupakan media edukatif dan atraktif dalam penerapan kurikulum 2013. Kurikulum tersebut dianggap sulit dimengerti terutama oleh murid SD yang daya pikirnya masih berada pada tahap awal. Disampaikan oleh Iskandar bahwa Funtation terdiri atas papan putar, dadu, kartu pertanyaan dan kartu tabungan. Cara menggunakan Funtation dengan terlebih dahulu membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa tim yang beranggotakan maksimal 6 (enam) siswa. Setiap tim kemudian diberikan kartu tabungan dengan skor 100 poin sebagai modal awal. Setiap anggota tim akan mendapat kesempatan untuk menekan papan putar jika nomor dadu yang dilempar sesuai dengan nomor urutnya. Kemudian siswa bersangkutan harus menjawab soal dari kartu pertanyaan yang diambil sesuai dengan hasil papan putar. Jika jawaban siswa salah maka tabungan tim akan dikurangi 5 poin. Sedangkan jika jawaban siswa benar maka tabungan tim akan ditambahkan 10 poin. Tim dengan poin terbanyak akan keluar sebagai pemenang. Untuk diketahui, Funtation telah diujicobakan pada siswa kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Ketawanggede Malang. Hasilnya cukup memuaskan karena terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. 
 
Iskandar mengaku senang dapat ikut serta dan membawa pulang medali emas di ajang tersebut. Diakuinya bahwa ini merupakan pertama kali dirinya beserta tim mengikuti sebuah kompetisi internasional.
Sebagai laga pertama kali tim saya di ajang research internasional, ajang ini sangat menambah pengalaman kami. Karena kami juga dapat menggali karya produk dari luar yang latar belakangnya bermacam macam sesuai budaya negara masing-masing,” jelasnya.
 
Sebagai tambahan informasi, International Young Inventor's Award (IYIA) 2015 merupakan acara pameran produk karya ilmiah yang bertujuan menghadirkan peneliti muda di beberapa negara dari ASIA dan EROPA untuk saling berkompetisi dalam menghadirkan produk yang kreatif dan inovatif serta menambah pengalaman dan rekan dalam skala internasional. IYIA merupakan suatu ajang kompetisi yang digagas oleh MINDS (Malaysian Invention & Design Society) pada tahun 2014 dan sukses diselenggarakan di University Malaysia Perlis. Pada tahun 2015 ini MINDS berkerja sama dengan Indonesia Innovation and Invention Promotion Assosiation (INNOPA) dan telah sukses menyelenggarakan IYIA 2015 di UNJ, Jakarta. [iar/dna]