FILKOM Gelar Lokakarya Strategi Peningkatan Prestasi Bidang Kemahasiswaan

FILKOM Gelar Lokakarya Strategi Peningkatan Prestasi Bidang Kemahasiswaan

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan “Lokakarya Strategi Peningkatan Prestasi Bidang Kemahasiswaan” pada Jumat hingga Sabtu (29 – 30/5). Bertempat di gedung A lantai 2 FILKOM UB, lokakarya tersebut dihadiri oleh perwakilan berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di FILKOM UB antara lain; BEM, DPM, Himpunan dan LSO.

Edy Santoso, S.Si., M.Kom., Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan FILKOM mengungkapkan bahwa kegiatan lokakarya tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat mahasiswa dalam berprestasi di bidang kemahasiswaan. Khususnya kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh DIKTI.
“Untuk catatan prestasi mahasiswa FILKOM sebetulnya sudah cukup banyak. Tapi untuk prestasi dari kompetisi yang diadakan DIKTI masih kurang,” jelas Edy.

Hari pertama diisi dengan penyampaian informasi tentang strategi pencapaian prestasi bidang penalaran oleh Dr. Ir. Imam Santoso, MS. selaku Staf Ahli Wakil Rektor III Bidang Penalaran, dukungan pendanaan dan pemberian reward kegiatan perlombaan di bidang kemahasiswaan oleh Wakil Dekan III Fapet UB, Dr. Ir. Eko Widodo, M.Agr.Sc. Disampaikan oleh Eko Widodo bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengajuan proposal pendanaan, antara lain mahasiswa yang masuk dalam kepanitiaan harus memiliki email UB, proposal harus diajukan kepada Wakil Rektor III minimal 20 hari pelaksanaan kegiatan dan laporan pertanggung jawaban harus sudah diserahkan maksimal 10 hari setelah kegiatan dilaksanakan. Ditambahkan lagi oleh Eko Widodo bahwa saat ini Kementerian Keuangan Republik Indonesia telah membuat aturan bahwa jumlah panitia untuk sebuah kegiatan maksimal adalah 10 persen (10%) dari jumlah peserta kegiatan.
“Untuk aturan jumlah panitia ini sebenarnya juga berat. Karena untuk panitia penerimaan mahasiswa baru selama ini setidaknya panitia jumlahnya mencapai 20 persen dari peserta. Tapi ini sudah ketetapan dari Kementerian Keuangan jadi harus dilaksanakan selama tidak ada perubahan,” jelas Eko Widodo.

Sementara itu pada hari kedua materi yang disampaikan juga tidak kalah penting. Terdapat lima materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut, meliputi: (1) strategi peningkatan minat mahasiswa baru dalam mengikuti lomba PKM, (2) strategi peningkatan jumlah mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, (3) sistem pengusulan, penganggaran dan pelaporan, penggunaan sarana prasarana di lingkungan UB, (4) strategi capaian prestasi bidang minat bakat dan (5) capaian dan rencana strategi peningkatan prestasi bidang kemahasiswaan FILKOM. Diharapkan berbagai informasi yang diberikan pada kegiatan lokakarya tersebut dapat diteruskan oleh peserta yang hadir kepada mahasiswa FILKOM yang lain sehingga menjadi pemicu mahasiswa untuk mencetak lebih banyak prestasi khususnya di bidang kemahasiswaan. [dna/pic by hnf]