Kunjungan Kerjasama Akademik Victoria University di PTIIK UB

Kunjungan Kerjasama Akademik Victoria University di PTIIK UB

Jing He, B.Sc., M.Sc., PhD., ahli data mining dan bioinformatika Victoria University melakukan kunjungan selama 10 hari ke Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya (2 – 11/12). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan pembahasan kerjasama bidang akademik antara Victoria University dengan PTIIK UB. Disambut baik oleh Ir. Sutrisno, MT., selaku Ketua PTIIK beserta jajarannya, kehadiran Dr. Jing He tersebut diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak.
“Semoga kunjungan Dr. Jing He ke PTIIK ini dapat memberikan banyak manfaat, terutama untuk peningkatan kualitas akademik di PTIIK. Selain itu juga sebagai awal dari kelanjutan kerjasama antara Universitas Brawijaya dan Victoria University, seperti joint research, beasiswa bagi dosen yang akan studi lanjut dan program double degree,” ungkap Ir. Sutrisno saat menyambut kehadiran Dr. Jing He.

Beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh Dr. Jing He selama berada di PTIIK, antara lain; memberikan kuliah tamu bagi mahasiswa dan dosen PS. Informatika dan Sistem Informasi, pembuatan joint research proposal, menjadi pemateri pada workshop penggunaan tool of data mining, pembahasan benchmarking metodologi pengajaran dan kurikulum double degree yang mungkin akan diselenggarakan secara bersama oleh PTIIK dan Victoria University.

Kuliah tamu yang disampaikan oleh Dr. Jing He pada Senin (8/12) di Studio UB TV Gedung Rektorat UB Lantai 2 mengangkat tema “Data Mining dan Business Intelligence”. Pada pemaparannya, beberapa hal penting yang disampaikan oleh Jing He antara lain; pengertian data mining dan pemanfaatannya untuk analisa bisnis serta bagaimana standarisasi proses data mining. Pemaparannya tersebut dibuka dengan penjelasan tentang big data, sebab saat ini data mining kebanyakan berfokus pada big data. Diungkapkan oleh Jing He bahwa Big Data memiliki volume/ data zise yang besar, bersifat cepat berubah (velocity), terdiri atas data dengan tingkat keragaman format data yang tinggi (variety), ketidakpastian data juga tinggi (veracity) namun data tersebut sangat bernilai (value).
“Big data dapat dideskripsikan dalam 5V; Volume, Velocity, Variety, Veracity dan Value,” ungkap Jing He. [dna]