Pengumuman Semester Pendek Teknik Informatika PTIIK UB 2011/2012

Pengumuman Semester Pendek Teknik Informatika PTIIK UB 2011/2012

UMUM

  • Program SP adalah program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap.
  • Program SP bertujuan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang sudah pernah ditempuh dalam rangka meningkatkan Indeks Prestasi kumulatif dan memperpendek masa studi serta menghindari terjadinya semester pendek.
  • Nilai mata kuliah yang diambil pada semester pendek maksimal B+.
  • Syarat Untuk dapat mengikuti SP mata kuliah berpraktikum adalah LULUS PRAKTIKUM pada saat menempuh mata kuliah terdahulu (dengan melampirkan foto kopi Surat puas yang menunjukkan nilai minimal: 56 pada saat pengumpulan KRS & Pembayaran SP di rekording).
  • Pengumpulan KRS SP harus disertai dengan foto kopi KHS mata kuliah yang pernah ditempuh terdahulu ( dengan nilai minimal E ).

MATA KULIAH YANG DITAWARKAN

  • Mata kuliah yang ditawarkan adalah mata kuliah yang dipandang perlu oleh jurusan/program studi sepanjang memenuhi ketentuan penyelenggaraannya. (Tanggal : 2 Juli – 3 Agustus 2012) Diajukan oleh Mahasiswa dan direkap oleh himpunan mahasiswa & Panitia SP – Lihat diagram alir untuk informasi lebih lanjut)

PENYELENGGARAAN PERKULIAHAN

  •  Penyelenggaraan perkuliahan semester pendek meliputi kegiatan tatap muka, tugas terstruktur, kuis serta evaluasi pertengahan dan akhir semester.
  • Kelas SP diselenggarakan dengan 8-12 kali tatap muka sudah termasuk UAS, dan memenuhi aturan sistem SKS.

JUMLAH SKS

  • Jumlah SKS yang dapat diambil oleh peserta SP adalah 12 (dua belas) SKS.

PENYELENGGARAAN KELAS SP

  • Mahasiswa yang diperkenankan mengikuti SP adalah mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun akademik 2011/2012 dengan menunjukkan tanda bukti KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  • Mata kuliah yang dapat diulang di semester pendek adalah mata kuliah yang pernah ditempuh
  • Kelas SP baru dapat diselenggarakan apabila jumlah peserta tiap kelasnya minimal 10 mahasiswa.
  • Ketentuan minimal jumlah mahasiswa setiap kelas ini bisa juga diatur oleh ketua program studi.

PEMBATALAN MATA KULIAH

  • Mata kuliah yang sudah diprogramkan oleh mahasiswa tidak boleh dibatalkan lagi.
  • Pembatalan mata kuliah hanya dimungkingkan jika :
    1. Jumlah mahasiswa (peserta) tidak memenuhi jumlah minimal yang ditentukan untuk diselenggarakan.
    2. Mata kuliah yang diprogramkan bersamaan jadwalnya dengan mata kuliah lain.
    3. Mata kuliah yang bersangkutan dibatalkan oleh jurusan /prodi
  • Proses pembatalan mata kuliah maksimum 1 (satu) minggu setelah SP berjalan dan prosesnya dilakukan oleh bagian akademik.(Tanggal: 2-6 Juli 2012 – Lihat diagram alir untuk keterangan lebih lanjut).

BIAYA SEMESTER PENDEK

  • Biaya per SKS sebesar Rp.100.000,00
  • Penyerahan biaya semester pendek dapat dilakukan direcording

PENDAFTARAN dan PEMROGRAMAN KRS ( Lihat diagram alir untuk keterangan lebih lanjut )

  1. 11 Juni – 18 Juni 2012 Pengajuan mata kuliah SP oleh mahasiswa dan dikumpulkan di Himpunan mahasiswa TIF.
  2. 21 – 25 Juni 2012 Pendaftaran KRS & Pembayaran SP di rekording untuk angkatan 2011.
  3. 26 – 27 Juni 2012 Pendaftaran KRS & Pembayaran SP di rekording untuk angkatan 2010
  4. 28 – 28 Juni 2012 Pengumpulan KRS & Pembayaran SP di rekording untuk angkatan 2009, 2008 dan Angkatan 2007

JADWAL KULIAH

  • Perkuliahan termasuk UTS dan UAS tanggal 2 Juli s/d 3 Agustus 2012.

LAIN-LAIN

  • Indeks Prestasi SP tidak akan mempengaruhi pengambilan jumlah SKS pada semester yang akan datang.
  • Apabila terjadi pelanggaran oleh mahasiswa terhadap ketentuan yang ditetapkan pada buku pedoman akademik dan surat keputusan ini, maka semua mata kuliah yang ditempuh pada SP tahun ini digugurkan.
  • Pengesahan KRS-SP wajib ditandatangani oleh dosen PA.

formulir untuk mahasiswa dapat diunduh di link berikut dan formulir untuk recording dapat diunduh di link berikut