Closing Ceremony FILKOM UB Program Special Course 2.0

Closing Ceremony FILKOM UB Program Special Course 2.0

Bertempat di Gedung F, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat (23/08/2024) dilaksanakan Closing Ceremony FILKOM UB Program Special Course (PSC) 2.0. Kegiatan yang diselenggarakan oleh International Relations Office (IRO) bekerja sama dengan Iloilo State University of Fisheries Science and Technology (ISUFST), Filipina. Kegiatan Closing Ceremony di gedung F, FILKOM UB juga dirangkai dengan pemberian award untuk presentasi kelompok dengan tema AI + X: Exploring AI’s Collaborative Frontier Across Multiple Fields.
Delegasi ISUFST telah tiba di Indonesia pada Senin (19/08/2024), pada Selasa, (20/08/2024) disambut secara resmi oleh dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D.(https://filkom.ub.ac.id/2024/08/20/filkom-ub-sambut-delegasi-isufst-philippines-dalam-program-filkom-special-course-2-0/). Rangkaian kegiatan telah disusun panitia selama delegasi ISUFST berada di Malang. Mini lecture diadakan dengan dosen terpilih FILKOM UB, antara lain dengan Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng. dari Departemen Teknik Informatika – Program Studi Ilmu Komputer. (https://filkom.ub.ac.id/2024/08/22/filkom-ub-adakan-mini-lecture-aplikasi-ai-di-berbagai-bidang/). Juga diadakan kuliah tamu dari Dr. Renante A. Diamante, ISUFST pada Kamis (22/08/2024) yang bertempat di gedung A. (https://filkom.ub.ac.id/2024/08/28/kuliah-tamu-iloilo-state-university-of-fisheries-science-and-technology-di-filkom-ub/)

Kunjungan ke beberapa landmark kota Malang, Kayutangan Heritage, Batik Sundari juga pertukaran kebudayaan bersama Badan Internal Olahraga dan Seni (BIOS) FILKOM UB. Ketua panitia IRO FILKOM UB – PSC 2.0 – ISUFST, Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A. menyampaikan kegiatan positif ini diharapkan nantinya diharapkan nantinya dapat memperkuat kerja sama akademik antara FILKOM UB dan ISUFST dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Delegasi dari ISUFST yang diwakili oleh Nikki Muriel Buensuceso, menyampaikan kesan dan pesan akan kegiatan IRO FILKOM UB – PSC 2.0 – ISUFST, baginya FILKOM UB sudah seperti rumah kedua. Semua kegiatan yang dilaksanakan berkesan dan memberikan new insight pada berbagai sesi yang diadakan. Dia berharap persahabatan antar mahasiswa yang telah terbangun saat ini nantinya dapat berlanjut di masa depan.

Ketua IRO FILKOM UB, M. Ali Fauzi, S.Kom., M.Kom., Ph.D., menyampaikan terimakasih kepada delegasi ISUFST dan menyampaikan permohonan maaf selama proses kegiatan bila terdapat hal hal yang kurang berkenan.

“Pertukaran pengetahuan dan budaya antara FILKOM UB dan ISUFST diharapkan nantinya memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman belajar,” tutup beliau.

Kerja sama antara FILKOM UB dan ISUFST akan memberikan dampak positif bagi kemajuan kedua institusi serta peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan Filipina. FILKOM FOR SOCIETY! (rr/ds)