Kolaborasi Riset FILKOM UB dan Norwegian University of Science and Technology (NTNU)

Kolaborasi Riset FILKOM UB dan Norwegian University of Science and Technology (NTNU)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB), bersama Norwegian University of Science and Technology (NTNU) telah memulai kolaborasi riset yang bertujuan untuk memajukan penelitian di bidang teknologi informasi. Kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam menggabungkan keahlian dan sumber daya kedua institusi guna menciptakan inovasi yang berdampak signifikan baik dalam ranah akademik maupun praktis.

Salah satu kegiatan utama dalam kolaborasi ini adalah Joint Research and Publication, di mana kedua institusi melakukan penelitian bersama yang akan dipublikasikan dalam jurnal-jurnal internasional bereputasi. Publikasi ini tidak hanya akan meningkatkan profil NTNU dan FILKOM UB, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada presentasi daring di 27 Mei 2024, FILKOM UB yang diwakili oleh M. Ali Fauzi, S.Kom., M.Kom., Ph.D., menyampaikan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat mempererat hubungan akademik kedua belah pihak, serta menciptakan dampak positif melalui pengembangan dan penerapan teknologi informasi yang inovatif dan multidisiplin.

“Beberapa tujuan dari kolaborasi FILKOM UB dan NTNU antara lain untuk, meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi di bidang teknologi informasi, menghasilkan inovasi yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang.dan peningkatan kapasitas akademik dan profesional,” jelas beliau.

Terbukanya kesempatan bagi akademisi dan mahasiswa kedua institusi untuk berkolaborasi dalam penelitian demi peningkatan kualitas akademis. Sehingga terbangun dan terbentuknya reputasi sebagai pusat penelitian dan inovasi unggul dalam bidang teknologi informasi yang diakui secara global.
Sebagai hasil awal dari kolaborasi ini, paper berjudul Evaluating MediBetter: A Mobile Application for Health Monitoring and Medication Management, yang merupakan hasil riset bersama FILKOM UB dan NTNU, telah berhasil dipresentasikan pada pHealth 2024 Conference dan dipublikasikan dalam book series yang terindeks Scopus. Publikasi ini dapat diakses melalui link berikut: https://ebooks.iospress.nl/doi/10.3233/SHTI240075.
Kolaborasi ini merupakan bukti komitmen FILKOM UB dan NTNU dalam mendukung pengembangan teknologi informasi yang inovatif dan aplikatif, serta memperkuat peran kedua institusi dalam kancah internasional. FILKOM FOR SOCIETY!. (maf/rr)