Departemen SI FILKOM UB Adakan Monev MMD Tahun 2024

Departemen SI FILKOM UB Adakan Monev MMD Tahun 2024

Departemen Sistem Informasi (SI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat (19/07/2024) melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Mahasiswa Membangun Desa (MMD) tahun 2024.  Turut serta pada Monev MMD ini, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Ir. Issa ArwanI, S.Kom., M.Sc., selaku Ketua Departemen SI, Ir. Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom., selaku Sekretaris Departemen SI, Hariz Farisi, S.Kom., M.T., perwakilan tenaga pengajar SI dan panitia MMD 2024. Monev MMD dilaksanakan di Balai Desa Gubugklalah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pada kesempatan ini, ketua MMD 41, Alivia Putri Zuhriah menyampaikan tiga program utama kelompok MMD 41. Pertama, pembuatan website desa yang bertujuan memberikan kemudahan pelayanan publik seperti pengurusan administrasi, yang dapat dilakukan secara online tanpa warga harus datang ke kantor desa. Kedua, pembelajaran dasar Canva untuk siswa Sekolah Dasar Negeri 1, Gubugklakah, tujuannya agar siswa dapat memanfaatkan fitur di gadget mereka menjadi alat yang kreatif dan inovatif. Ketiga, pembuatan konten untuk sosialisasi desa, yang bertujuan memberikan informasi mengenai kegiatan, pengumuman dan program-program desa, dengan mudah disebarkan dan diakses oleh seluruh warga Gubugklakah.

Dosen Pembimbing Lapang (DPL) kelompok MMD 41, Rekyan Regasari Mardi Putri, S.T., M.T., sangat mengapresiasi kinerja kelompok MMD 41.

“Program website untuk desa Gubugklakah sangat strategis dan dibutuhkan untuk kepentingan administrasi. Selain itu, website ini juga diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan mempermudah akses informasi bagi seluruh warga desa. Dengan adanya platform digital ini, diharapkan pula dapat membantu mempercepat proses pelayanan publik dan mendukung berbagai kegiatan desa secara lebih efektif,” jelas beliau lebih lanjut.

Pada kesempatan tersebut kepala dusun Gubugklakah, Heri Siswoyo juga menyampaikan apresiasi sebesar besarnya kepada FILKOM UB dan kelompok MMD 41.

“Pengadaan website bagi desa yang diinisiasi oleh kelompok 41 MMD FILKOM UB telah sesuai dengan kebutuhan pembangunan desa sebagai bank data yang memungkinkan penyimpanan dan pengelolaan data desa secara rapi dan terorganisir, karena program website bagi desa ini sebelumnya belum pernah diadakan. Koordinasi via ZOOM yang telah dilakukan antara pihak desa dan kelompok 41 jauh hari sebelum pelaksanaan MMD sangat memudahkan perencanaan pelaksanaan program ini. Beberapa kendala yang dihadapi menjelang pelaksanaan program dapat ditemukan solusinya berkat kerjasama dengan pihak kantor desa. Harapannya website ini selain berfungsi sebagai rekam jejak digital juga sebagai akses pelayanan dan juga berita yang dibutuhkan bagi masyarakat,” kata beliau. (rr/ds/anh)

Untuk wawancara lebih lengkap dapat mengakses pranala sebagai berikut : https://youtu.be/ikc58MGJySs