IBM memberikan sertifikasi DB2 gratis bagi Civitas PTIIK UB

IBM memberikan sertifikasi DB2 gratis bagi Civitas PTIIK UB

Sebanyak 73 Mahasiswa dan 25 dosen serta staff PTIIK mengikuti sertifikasi DB2 yang diselenggarakan oleh PTIIK UB bekerjasama dengan IBM Indonesia, pada kamis (21/6) dan jumat (22/6) kemarin. Terkait dengan tindak lanjut dari MoU antara Universitas Brawijaya dan IBM Indonesia pada pekan yang lalu, PTIIK merealisasikan MoU dengan IBM dengan menyelenggarakan acara tersebut. Tidak hanya itu, IBM juga meninjau secara langsung kesiapan infrastruktur PTIIK UB sebagai bentuk keseriusan PTIIK dalam menjalankan isi dari MoU.”Antusiasme peserta sertifikasi DB2 yang diselenggarakan PTIIK dengan IBM merupakan hal yang menggembirakan dan membanggakan bagi semua pihak. Hal ini memacu kami untuk terus mengembangkan kerjasama ini demi meningkatkan daya jual lulusan PTIIK UB dimana nantinya mereka mampu bersaing di ketatnya persaingan dunia kerja saat ini.” Ujar Denny Sagita S.Kom., M.Kom selaku Kepala Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak PTIIK UB.

Dengan banyaknya peserta yang mendaftar untuk sertifikasi ini, rencananya akan dilaksanakan sampai 2 gelombang. Program IBM Academic Initiative ini memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan pelatihan, seminar, lokakarya, buku tentang piranti lunak IBM secara gratis.  IBM Academic Initiative ini juga membekali para mahasiswa dengan berbagai kecakapan khusus, seperti di bidang Komputasi Awan yang semakin berperan penting di dunia bisnis saat ini dan semakin menjadi tuntutan di dunia kerja masa depan.

Sebagai tambahan memiliki pengalaman, pelatihan, atau keduanya, yang ingin mendapatkan sertifikat ini harus :

1. Mengetahui apa itu produk DB2 9, dan familiar dengan DB2

2. Mengetaui instalasi produk DB2 9 dan lingkunganya

3. Mengetahui fitur dan fungsi yang telah disediakan di beberapa tools yang sudah diberikan oleh DB2 9

4. Memiliki pengetahuan yang kuat tentang mekanisme penggunaan Db2 9 untuk melindungi data dan database object

5. Mengetahui cara untuk create, access dan memanipulasi object DB2 9, seperti tabel, view, dan index

6. Familiar dengan tipe constrain dan mengetahui penggunaannya

7. Mengetahui bagaimana data XML dapat disimpan dan dimanipulasi

8. Memiliki pengetahuan yang dalam tentang Structured Query Language (SQL), Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), dan Data Control Language (DCL)

9. Memiliki pengetahuan dasar metode yang digunakan untuk isolate transactions dari beberapa atau multi user environment

10. Familiar dengan metode yang digunakan untuk mengontrol bagaimana penguncian dilakukan terhadap data DB2