Stairway to Gemastik 7

Stairway to Gemastik 7

Program Stairway to Gemastik 7 telah sukses dilaksanakan dalam dua hari oleh Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya (28-29/6). Menurut Ahmad Afif Supianto, SSi., M.Kom. selaku ketua pelaksana, program tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa PTIIK dalam mengikuti Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke 7 yang akan diselenggarakan di UGM Yogyakarta.
“Pada tahun sebelumnya masih sedikit yang benar-benar berminat untuk mengikuti kompetisi ini. Sebagian dari mahasiswa kita juga masih belum mengetahui sebetulnya Gemastik itu sepeti apa, lalu bagaimana dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk ikut. Di sini kita beri informasi dan kita arahkan,” jelas Ahmad Afif.

Hari pertama pelaksanaan Stairway to Gemastik 7 diisi dengan kegiatan sosialisasi mengenai Gemastik 7, baik tentang peraturan kompetisi hingga timeline pelaksanaan. Diinformasikan kepada seluruh peserta bahwa pendaftaran Gemastik 7 dapat dilakukan secara online hingga 22 Agustus 2014. Sementara itu jadwal pengumuman finalis pada 24 Oktober 2014 dan pelaksanaan Sesi Final pada 25 – 27 November 2014. Selain itu, pada kesempatan tersebut bag. Kemahasiswaan PTIIK yang diwakili oleh Hermawan Dwi Putra, S.H. juga memberikan sharing pengalaman tentang beberapa tim yang lolos sebagai finalis pada Gemastik tahun sebelumnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan membagi peserta yang ada menjadi tiga kelompok besar kategori yaitu; kelompok yang memiliki keminatan pada kategori perangkat lunak, data mining dan keamanan jaringan. Seperti diketahui, pada Gemastik 7 tahun ini tersedia 9 (sembilan) kategori perlombaan yang dapat dipilih oleh peserta. Setiap kategori memiliki peraturan yang berbeda-beda. Akan tetapi pada program Stairway to Gemastik 7 sengaja hanya difokuskan pada tiga kategori tersebut di atas, untuk efektivitas dan memaksimalkan pendampingan.

Pada setiap kelompok kelas kategori didampingi oleh dua dosen PTIIK. Pada kelompok kelas kategori pengembangan perangkat lunak didampingi oleh Aditya Bhawiyuga, S.Kom., M.S. dan M. Ali Fauzi, S.Kom, M.Kom. Pada kelas kategori data mining didampingi oleh Ahmad Afif Supianto, SSi., M.Kom., Randy Cahya W, S.ST.,M.kom dan Rizal Setya Perdana, S.Kom. Sementara pada kelas kategori keamanan jaringan, peserta yang hadir didampingi oleh Aswin Suharsono, ST., MT. dan Rakhmadhany Primananda, ST., M.Kom.

Setiap kelompok kelas diberikan materi tentang aturan khusus yang diberlakukan pada setiap kategori. Selain itu para peserta juga mendapat pembekalan terkait berbagai seleksi yang akan dihadapi. Pada kelas kategori pengembangan perangkat lunak dan data mining, peserta dibekali dengan berbagai tips pembuatan proposal. Sementara kelompok peserta pada kelas kategori keamanan jaringan diberikan latihan soal untuk menghadapi tahap penyisihan yang berupa online test.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, kegiatan pembimbingan tersebut dilanjutkan pada hari kedua dengan agenda diskusi dan presentasi proposal , serta penentuan calon dosen pembimbing. Ahmad Afif berharap seluruh kelompok peserta yang hadir tidak hanya berhenti pada kegiatan tersebut, namun dapat melanjutkannya dengan pembimbingan intensif bersama dosen pembimbing yang telah ditunjuk. [dna/pic by edw & PDD Stairway to Gemastik 7]