ISO 9001:2008 PTIIK UB: No Spesific Discrepancy Found

ISO 9001:2008 PTIIK UB: No Spesific Discrepancy Found

Hasil dari 5th Surveillance visit pada 19 Juni 2014 oleh Lloyd’s Register Quality Assurance (LRQA), badan sertifikasi ISO 9001:2008, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya dinyatakan “No Spesific Discrepancy Found”. Hal tersebut disampaikan oleh Mr. Rusli Ananda selaku asesor yang bertugas melakukan audit di PTIIK. Disampaikan bahwa pada hasil pemeriksaannya di PTIIK tidak ditemukan ketidaksesuaian pada pelaksanaan manajemen mutu, sehingga tidak ada pula saran observasi/ saran perbaikan.
“Praktek baik di PTIIK bisa jadi diadopsi untuk fakultas lain,” ungkap Rusli Ananda pada Closing Meeting ISO di gedung Rektorat Lt. 8 (20/6).

Rekyan Regasari Mardi Putri, ST., MT. selaku ketua Gugus Jamin Mutu (GJM) PTIIK mengungkapkan bahwa pada 5th Surveillance visit tersebut asesor yang hadir melakukan review terhadap upaya perbaikan atas hasil temuan pada 3rd Surveillance visit. Beberapa hal yang direview antara lain; lama masa studi mahasiswa, manajemen pemantauan mahasiswa kritis, kesesuaian materi yang diberikan pengajar dengan Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS), termasuk evaluasi kehadiran dosen.

Dari berbagai temuan observasi pada 3rd Surveillance visit tersebut telah dilakukan upaya perbaikan oleh PTIIK. Antara lain, untuk menanggulangi masalah lama masa studi mahasiswa maka dibuatlah program pendampingan mahasiswa kritis yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Badan Konseling dan Penempatan Kerja (BKPK). Sementara itu untuk evaluasi kehadiran dosen telah dilakukan secara periodik oleh bag. Akademik.

Pada kesempatan tersebut Ananda Rusli juga melakukan pengambilan sampel data baru, untuk mengetahui pelaksanaan manajemen mutu PTIIK pada saat ini. Dari pengambilan sampel tersebut tidak ditemukan ketidaksesuaian atas pelaksanaan manajemen mutu di PTIIK. Meski demikian, PTIIK akan terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta kualitas kompetensi lulusan yang telah mempercayakan diri untuk menimba ilmu di PTIIK. [dna]