PasTah Healthy Cake Juara 2 BENTRENTION-X Tahun 2014

PasTah Healthy Cake Juara 2 BENTRENTION-X Tahun 2014

16 Pastah cake juara 2Setelah melalui berbagai tahapan seleksi pengumpulan bussiness plan, presentasi dan display/pamaren,  akhirnya PasTah Healthy Cake yang merupakan variasi makanan sehat hasil olahan ampas tahu karya mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya berhasil meraih predikat juara 2 pada ajang Lomba Kewirausahaan Beta Entrepreneurship Competition & Exhibition untuk Mahasiswa ke X (BENTRENTION X) Tahun 2014 di Universitas Airlangga (7&14/5). Tiga mahasiswa pembuat PasTah Healthy Cake tersebut adalah M. Fahrul Alam Yuniarsa (IF/2013), Yudha Akbar Pramana (IF/2013) dan Raka Kurnia N (SI/2013).
“Saat display produk, sebenarnya banyak yang tertarik untuk membeli. Namun kami, tidak menyiapkan produk yang untuk dijual karena hanya untuk tujuan display. Selain itu, di stand PasTah Healthy Cake disediakan aplikasi sederhana berbasis java untuk pengisian kuisioner dan banyak yang bersedia memberi saran dan kritikan melalui aplikasi tersebut,” ujar Raka.

M. Fahrul mengatakan bahwa PasTah Healthy Cake dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan gaya hidup sehat dan produktif melalui produk makanan dari limbah tahu dengan bentuk dan rasa yang unik.
“Kue ini berbahan dasar ampas tahu fresh yang diolah menjadi tepung. Perlu diketahui bahwa ampas tahu memiliki protein yang sangat tinggi, lebih tinggi daripada kandungan dari tahu itu sendiri, cocok untuk ibu hamil dan orang diet yang butuh makanan berserat,” ujar mahasiswa yang akrab dipanggil Fahrul tersebut.

Saat ini, PasTah Healthy Cake mempunyai tiga jenis kue yaitu Pastah Chips, Pastah Bar, dan Pastah Cakes. Masing-masing terdapat dua varian yaitu Mix dan Ori. Untuk Mix, komposisi bahan dasar terdiri dari 70% tepung ampas tahu dan 30% tepung terigu. Sedangkan yang Ori murni dari tepung ampas tahu.
”Semua produk dikemas semenarik mungkin, agar orang tertarik untuk membeli. Selain itu juga Higienis. Untuk masalah kemasan ini, ada Yudha yang ahli dalam desaintambah Fahrul.

Pemasaran PasTah Healthy Cake kini juga ditempuh melalui penjualan online. Antara lain melalui media social Facebook di https://www.facebook.com/pastahcake dan Twitter di @pastahcake serta blog pastahcake.blogspot.com. Harapannya, PasTah Healthy Cake dapat lebih dikenal dan dinikmati di masyarakat serta menjadi teladan dalam memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. [fahrul/dna]