Open Dialog Pakar Ekonomi dan Kedokteran dengan Dosen PTIIK UB

Open Dialog Pakar Ekonomi dan Kedokteran dengan Dosen PTIIK UB

Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya menggelar kegiatan Open Dialog dengan Pakar Ekonomi dan Kedokteran di Lingkungan UB (9/6). Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan tambahan wawasan untuk mengembangkan penelitian terapan bidang ilmu komputer. Indriati, ST., M.Kom. selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut mengatakan bahwa sebagai pakar ekonomi dari FEB UB yang dihadirkan adalah Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE., M.Si., Ak. Sedangkan pakar kedokteran yang diundang adalah Dr. Eko Ari Setijono, M.Sp.S.

Pada kesempatan tersebut Prof. Unti membuka paparannya dengan menyampaikan tentang tiga lingkup keilmuan yang terdapat di FEB UB, yaitu ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi. Dari setiap lingkup keilmuan tersebut Prof. Unti menyatakan bahwa dukungan teknologi informasi juga banyak dibutuhkan. Pada lingkup manajemen sebagai contoh, teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk dasar pengambilan keputusan, baik di bidang keuangan, strategi,  operasional maupun pemasaran.

Senada dengan Prof. Unti, Dr. Eko juga menyampaikan bahwa dalam bidang kedokteran dukungan teknologi informasi (TI) juga banyak dibutuhkan. Bahkan saat ini di FK UB telah dilakukan beberapa penelitian bidang kedokteran yang membutuhkan sentuhan TI didalamnya. Karenanya dengan open dialog ini diharapkan dapat menjadi jembatan awal untuk membuka kerjasama khususnya di bidang penelitian antara PTIIK, FK dan FEB. Pembahasan mengenai berbagai topik yang membutuhkan dukungan TI tersebut dibicarakan secara global dalam pertemuan tersebut untuk kemudian ditindaklanjuti.
“Harapannya ke depan ada kerjasama antara PTIIK, FEB dan FK antara lain di bidang penelitian dan pembimbingan skripsi. Jadi mahasiswa kita selain mendapat pembimbing dari PTIIK juga bisa mendapatkan pembimbing dari FK atau FEB. Supaya ilmunya di bidang TI benar-benar dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan di berbagai bidang kehidupan yang ada,” jelas Indriati.

Dari kegiatan open dialog tersebut, berbagai topik penelitian bidang ekonomi maupun kedokteran yang membutuhkan dukungan TI kemudian dirangkum dan di break down ke dalam berbagai jenjang penelitian termasuk topik untuk kerjasama penelitian tingkat nasional maupun topik untuk tugas akhir mahasiswa. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut diadakan pula kegiatan “Shoping Topik Tugas Akhir Lab. Komputasi dan Sistem Cerdas” pada Rabu (11/6). Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 50 mahasiswa PTIIK yang memiliki keminatan untuk melakukan penelitian tugas akhir di bidang Komputasi dan Sistem Cerdas.

Pada kesempatan tersebut beberapa topik yang di share kepada mahasiswa antara lain ehealth dan akuntansi forensik. Beberapa dosen PTIIK yang hadir memberikan paparan pada peserta terkait isi topik penelitian yang ditawarkan. Kemudian mahasiswa yang hadir diperbolehkan untuk memilih salah satu topik yang diminatinya. Selain untuk membantu mengarahkan penelitian tugas akhir untuk mahasiswa, diharapkan kegiatan tersebut juga dapat mendukung penelitian para dosen pada skala yang lebih besar. [dna]