WikiNesia: Aplikasi Sarat Nilai Budaya Indonesia

WikiNesia: Aplikasi Sarat Nilai Budaya Indonesia

WikinesiaIndonesia sebagai negara berkembang dengan budaya dan kekayaan alam melimpah memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan domestik dan mancanegara. Meski demikian, hingga saat ini masih banyak masyarakat di dalam dan luar negeri yang belum mengetahui berbagai kekayaan budaya, kuliner dan keindahan alam Indonesia.

Berlatarbelakang ingin memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat luas, maka di bawah naungan Raion Studio tiga mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya membuat aplikasi “WikiNesia”. Mereka adalah Andriyanto (2011), Nadia Previani R. (2010) dan Arik Achmad (2010). Dijelaskan oleh Andri, WikiNesia merupakan aplikasi mobile untuk berbagai device Android yang mengenalkan dan mengangkat  kebudayaan Indonesia. Aplikasi tersebut menampilkan berbagai informasi tentang Indonesia mulai dari sejarah, kuliner, kesenian, warisan tradisi dan wisata. Informasi dalam aplikasi dapat diakses dalam dua pilihan bahasa; Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan demikian aplikasi dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat manca negara yang tidak memahami bahasa Indonesia.

Aplikasi ini semakin menunjukkan ciri khas Indonesia karena disajikan dalam tampilan dengan dominasi warna merah dan putih, sama seperti warna bendera Indonesia. Beberapa fitur menarik lainnya juga ditambahkan dalam aplikasi ini. Fitur “share” misalnya, akan memudahkan pengguna untuk berbagi informasi yang ditemukannya di WikiNesia kepada teman atau kerabatnya melalui media jejaring sosial. Selain itu, ada juga fitur “lihat peta” yang dapat memudahkan pengguna untuk mencari lokasi di Indonesia yang diinginkan. Dengan begitu pengguna tidak perlu lagi repot membawa peta dalam bentuk lembaran besar atau buku saat berwisata.

Saat ini aplikasi tersebut sudah dapat diunduh secara gratis di google play store. Andri beserta timnya berharap dengan aplikasi ini nama Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat dari berbagai negara di dunia. [dna]

Deskripsi, review dan screenshot WikiNesia dapat dilihat di tautan berikut ini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.raion.wikinesia&hl=en