Raion Studio Tunjukkan Eksistensinya di MGDW 5

Raion Studio Tunjukkan Eksistensinya di MGDW 5

Raion Studio kembali menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu komunitas di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya yang berfokus pada pengembangan game dan aplikasi mobile. Kali ini lewat game karyanya “Fly to Heaven” perwakilan Raion Studio berhasil meraih predikat juara untuk kategori profesional special challange racing & flying di ajang kompetisi Mobile Game Developer 5 (MGDW).

Pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Nokia Indonesia tersebut, pendaftar yang tercatat turut berpartisipasi mencapai 350 tim atau sekitar 1,400 developer dari seluruh pelosok nusantara. Dari keseluruhan peserta tersebut hanya 8 tim dengan karya terbaik yang akan dipilih sebagai juara. Terdapat dua kategori yang dikompetisikan pada MGDW 5, yaitu kategori Profesional dan kategori Rookie (pemula). Untuk kategori profesional dipilih 5 juara, yaitu 1 pemenang utama, dan 4 pemenang special challange untuk kategori action & adventure, puzzle & trivia, racing & flying, dan strategy. Sementara itu untuk kategori Rookie diambil 3 pemenang yang terdiri atas pemenang utama, runner up dan juara favorite.

Pada tahap awal seleksi, peserta harus membuat game yang dapat dioperasikan pada Windows Phone 7 dan atau Windows Phone 8. Kemudian game tersebut harus dipublish di windows phone store dan link publish wajib diinformasikan pada panitia MGDW 5. Dari seluruh game yang didaftarkan tersebut dipilih masing-masing lima finalis untuk setiap kategori.

Pada babak final yang diselenggarakan di DCOST VIP Jakarta Pusat pada 23 Desember 2013 lalu, para finalis harus mendemokan hasil karya gamenya dihadapan para juri yang terdiri dari tim profesional Nokia Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, tim Raion Studio yang juga lolos sebagai finalis diwakili oleh Dwi Hardyanto (IF/2011). Dari hasil demo game yang disampaikan Dwi, para juri memberikan respon positif dan memberikan beberapa saran untuk perbaikan.
“Waktu itu juri bilang game yang kami buat sudah cukup bagus, simple, mudah pengoperasiannya dan addictive juga. Kami juga diberikan masukan agar menambahkan lebih banyak grafis yang menarik untuk meningkatkan user interaksinya,” jelas Dwi.

Saat ini game “Fly to Heaven” bisa dinikmati para penggemar game secara gratis dengan mendownloadnya di windows phone store. Dwi mengungkapkan perbaikan dan update akan terus dilakukan untuk menyempurnakan game tersebut.
“Harapannya banyak orang yang menyukai game ini, sehingga nama Raion Studio juga bisa semakin dikenal masyarakat luas,” ungkap Dwi. [dna]

Berikut ini anggota tim yang terlibat dalam perancangan “Fly to Heaven”:

  1. Dwi Hardyanto (PTIIK UB/2011)
  2. Hanas Subakti (PTIIK UB/ 2009)
  3. Fendy Gusta P. (PTIIK UB/ 2011)
  4. Theo Allen (PTIIK UB/ 2012)
  5. Rino Adi (DKV UM/2010)
  6. Faiz Helmy (DKV UM/ 2010)

Review dan screenshot  game “Fly to Heaven” dapat diakses di www.windowsphone.com .