Laboratorium Robotika dan Embedded System FILKOM UB Menggelar ‘JALAN (belaJAr buLANan)’ untuk Tingkatkan Kompetensi Hardskill Mahasiswa dan Dosen

Laboratorium Robotika dan Embedded System FILKOM UB Menggelar ‘JALAN (belaJAr buLANan)’ untuk Tingkatkan Kompetensi Hardskill Mahasiswa dan Dosen

 

Malang, 17 November, 2023 – Laboratorium Robotika dan Embedded System (Lab RES) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan kegiatan ‘JALAN (belaJAr buLANan)’ dengan tujuan meningkatkan kompetensi hardskill mahasiswa dan dosen anggota Lab RES. Kegiatan ini berupa serangkaian workshop terkait keilmuan teknik komputer yang tidak diajarkan secara implisit dalam materi perkuliahan ataupun keilmuan yang tidak dimiliki oleh seluruh dosen anggota Lab, tetapi sangat penting untuk menunjang kompetensi hardskill.

Selaku ketua pelaksana kegiatan dan juga Kepala Lab RES, Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. menyampaikan bahwa 26 Asisten Laboratorium dan 9 Dosen Anggota Lab RES aktif terlibat dalam kegiatan ‘JALAN (belaJAr buLANan)’ season-1 ini. Mereka bersama-sama mengikuti workshop yang mencakup berbagai materi sebanyak enam pertemuan (enam episode), dimulai pada bulan September hingga November 2023. Materi tersebut dipilih dengan cermat untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis dalam bidang teknik komputer.

Materi yang diikuti dalam workshop ini antara lain:

  1. Advanced WSN – Komunikasi Antar MCU, diampu oleh : Sabriansyah Rizqika Akbar, ST., MEng., Ph.D.

Workshop ini fokus pada pemahaman dan implementasi komunikasi antar Mikrokontroler (MCU), memperdalam keterampilan dalam Wireless Sensor Network (WSN).

  1. Advanced IoT – Integrasi MCU ke Blynk, diampu oleh : Agung Setia Budi, ST., MT., M.Eng., Ph.D.

Peserta mendapatkan pengetahuan lanjutan mengenai Internet of Things (IoT) dengan mempelajari integrasi MCU ke platform Blynk untuk aplikasi yang lebih cerdas.

  1. PCB Desain Menggunakan EasyEDA, diampu oleh : Eko Setiawan, ST., MT., M.Eng., Ph.D

Materi ini membahas desain dan pembuatan Printed Circuit Board (PCB) menggunakan EasyEDA, memberikan keterampilan penting dalam pembuatan rangkaian elektronik.

  1. Signal Processing and Machine Learning Techniques for Sensor Data Analysis, diampu oleh Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D.

Workshop ini memfokuskan pada pengolahan sinyal dan teknik Machine Learning untuk analisis data sensor, menggali pemahaman mendalam tentang pengolahan data sensor.

  1. Automation with Ansible, diampu oleh : Rakhmadhany Primananda, ST., M.Kom.

Materi ini membahas otomatisasi dengan Ansible, membekali peserta dengan pengetahuan tentang praktik otomatisasi dalam lingkungan komputasi.

  1. Reinforcement Learning Menggunakan Python, diampu oleh : Dr. Eng. Gembong Edhi Setyawan, S.T., M.T.

Workshop ini memberikan pengantar tentang Reinforcement Learning menggunakan bahasa pemrograman Python, membuka wawasan baru dalam pemahaman reakayasa sistem cerdas.

Edita berharap, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat kepada peserta workshop, tetapi juga diharapkan dapat melibatkan Asisten Laboratorium dalam berbagi kompetensi hardskill yang mereka peroleh kepada seluruh mahasiswa Teknik Komputer. Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Teknik Komputer dari FILKOM UB.

Dengan semangat kolaboratif antara mahasiswa dan dosen, Lab RES FILKOM UB berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan mendukung pertumbuhan kompetensi di bidang teknik komputer. Ke depannya, diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan memastikan bahwa lulusan FILKOM UB siap bersaing dalam industri yang terus berkembang. Mari kita tunggu kegiatan ‘JALAN (belaJAr buLANan)’ untuk season-season selanjutnya! (rr/er)

website lab: https://filkom.ub.ac.id/lab-res/

IG lab: res.lab.filkomub

email lab: res_lab@ub.ac.id

LINE : @rmm0190m

#FILKOMUB

#LABORATORUMRES