Mahasiswa FILKOM UB Raih Juara Article Writing di National Youth Competition

Mahasiswa FILKOM UB Raih Juara Article Writing di National Youth Competition

Malang, 2 November 2023 – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), atas nama : (1) Reynaldi Holtrop (215150401111027), (2) Bonaventura Julio Putra Nandika (215150401111051), dan (3) Michael Rahadiyan Wijaya (215150400111052) meraih prestasi juara dua pada National Youth Competition, di kategori Article Writing yang diadakan Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya (FIA UB). Event yang digelar dari pendaftaran di bulan Agustus sampai dengan pengumuman juara di bulan Oktober, merupakan bagian dari Dies FIA UB ke-63. Ketiga mahasiswa FILKOM UB ini dibimbing oleh  Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom., pada kompetisi ini. Reynaldi menyampaikan, motivasinya bersama teman teman mengikuti kompetisi ini untuk menambah pengalaman dan berkontribusi untuk membawa nama baik fakultas dan universitas. Karena hal itu merupakan suatu keharusan bagi kami dan upaya menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab.

Pada kompetisi ini tema yang membawa mereka menjadi juara adalah : “Deteksi objek kendaraan menggunakan Yolov6 terintegrasi weighted graph untuk mengurai kemacetan”. Adalah penentuan durasi lampu lalu lintas yang bersifat statis, bukan dinamis berdasarkan jam sibuk. Tema ini memiliki solusi untuk membuat sistem agar penentuan durasi lampu lalu lintas bersifat dinamis per siklus tertentu. Mereka membuat sistem yang dapat mendeteksi objek kendaraan dan memberikannya bobot yang terintegrasi oleh weighted graph sebagai DSS dalam menentukan durasi lampu lalu lintas.

Dengan jumlah kontestan sebanyak 62, tim FILKOM UB berhasil meraih juara dua pada event ini. Kendala yang mereka hadapi saat mengikuti kompetisi ini, antara lain : (1) tugas kuliah yang banyak, dan (2) salah satu anggota tim kami juga ada yang izin UTS untuk menghadiri presentasi ide.

Terakhir, Reynaldi memberikan saran kepada teman temannya, untuk tetap semangat dan jangan menyerah ditengah banyak NT yang menerjang. Selamat kepada ananda Reynaldi Holtrop, Bonaventura Julio Putra Nandika, dan Michael Rahadiyan Wijaya atas prestasi yang membanggakan dan membawa harum nama FILKOM UB. [rr]