PTIIK Gelar Monev PKM Internal

PTIIK Gelar Monev PKM Internal

Untuk lebih mempersiapkan mahasiswa menjelang Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh DIKTI pada pertengahan Mei 2013 mendatang, maka Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) menggelar Monev Internal (21/4). Seperti diketahui, sebelumnya 13 tim PKM PTIIK berhasil lolos dan didanai DIKTI pada tahun 2013 yang didalamnya terdiri dari 7 PKM-KC, 1 PKM-P, 3 PKM-K, dan 2 PKM-M.

Acara ini dapat berjalan lancar berkat didukung pula oleh kedatangan  para anggota tim PKM dan tim reviewer yang tepat waktu. Tim reviewer terdiri dari; Edy Santoso, S.Si., M.Kom. (Waka III Bid. Kemahasiswaan PTIIK), Eka Maulana, S.T., M.T. (Dosen FT UB), serta Eko Sakti Pramukantoro ,S.Kom., M.Kom. (Dosen PTIIK UB).

Selain itu beberapa dosen pembimbing PKM juga tidak ketinggalan turut hadir menyertai tim bimbingannya, antara lain; Ir. Heru Nurwasito M.Kom., Arief Andy Soebroto, S.T., M.Kom. dan Lailil Muflikhah, S.Kom., M.Sc.

Menurut Edy Santoso, monev internal ini digelar bukan untuk menjustifikasi, akan tetapi lebih untuk memberikan masukan-masukan demi perbaikan realisasi PKM tiap-tiap kelompok.
“Di monev internal ini saya harap tiap kelompok tetap fun, karena tujuan kita bukan untuk menjustifikasi. Kita disini akan sharing dan saling memberikan masukan untuk perbaikan,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini masing-masing tim diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan perkembangan realisasi PKMnya dan kemudian akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Monev berlangsung cukup seru karena reviewer lebih sering memberikan statement yang sangat menguji mental dari peserta. Bahkan ada salah satu reviewer yang menyatakan bahwa presentasi dari peserta kurang menarik karena terlalu teknis dan kurang bisa mengangkat emosional dari pendengar. Namun hal itu tidak mematahkan semangat dari peserta. Justru peserta terlihat semakin termotifasi untuk memberikan presentasi yang baik dan cukup memuaskan bagi tim PKM lain dan terutama bagi reviewer.

Diakhir acara, reviewer memberikan tips dan trik untuk menghadapi monev Universitas dan monev DIKTI. Tips dan trik ini akan sangat membantu peserta untuk memperbaiki diri agar dapat tampil lebih meyakinkan pada monev selanjutnya. Perhitungan waktu juga sangat ditekankan oleh para reviewer karena nantinya ketepatan waktu presentasi akan menjadi salah satu poin penting dalam monev yang digelar DIKTI. [fidila/dna]