PTIIK Berikan Dana Talangan Bagi Kelompok PKM

PTIIK Berikan Dana Talangan Bagi Kelompok PKM

Semakin dekatnya waktu Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (DIKTI) terkait pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2012 yang didanai tahun 2013, membuat para mahasiswa peserta kebingungan. Hal ini dikarenakan dana dari DIKTI belum juga turun sedangkan para mahasiswa harus segera merealisasikan programnya untuk kemudian dievaluasi oleh perwakilan DIKTI pada akhir April 2013.

Edy Santoso S.Si., M.Kom., selaku Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan PTIIK UB mengatakan bahwa dirinya telah menerima keluhan dari beberapa mahasiswa terkait kesulitannya dalam merealisasikan program PKM karena tidak adanya dana. Oleh karena itu Edy telah membicarakan masalah tersebut dengan pimpinan dan bagian terkait di PTIIK untuk dapat memberikan solusi atas permasalahan ini.
“Karena itu PTIIK akan membantu memberikan dana talangan kepada semua kelompok dari PTIIK yang proposal PKMnya terpilih untuk didanai DIKTI tahun 2013. Diharapkan dengan dana talangan ini nantinya mahasiswa bisa segera merealisasikan programnya masing-masing,” jelas Edy pada pertemuan dengan 13 kelompok PKM dari PTIIK (15/3).

Dalam pertemuan itu dijelaskan bahwa setiap kelompok PKM dapat mengajukan jumlah dana talangan yang diperlukan melalui bagian Kemahasiswaan paling lambat Selasa, 19 Maret 2013. Nantinya jumlah pengajuan  dana akan diperiksa ulang dan disesuaikan dengan ketersediaan dana, sebelum kemudian dicairkan. Menurut Edy, dana talangan yang akan diberikan merupakan dana pinjaman yang harus dikembalikan jika dana dari DIKTI telah diterima oleh mahasiswa.
“Jadi dana ini merupakan dana pinjaman yang tentunya harus dikembalikan begitu dana dari DIKTI kalian terima,” jelasnya.

Selain bantuan dana talangan, rencananya PTIIK juga akan mengadakan Monev Internal dengan reviewer dari dosen pengajar PTIIK yang ditunjuk. Hal ini dimaksudkan agar untuk memantau perkembangan realisasi program tiap kelompok, juga sebagai ajang belajar bagi mahasiswa untuk melakukan presentasi yang baik didepan reviewer.

Diharapkan dengan segala upaya yang telah dilakukan oleh pihak PTIIK dan peran maksimal mahasiswa dapat menghasilkan buah manis, berupa medali juara pada PIMNAS 2013 mendatang. Selamat berjuang! [dna]