FILKOM UB Ajari Keamanan dan Pembuatan Konten Media Sosial di PAUD Terpadu Miracle Kids

FILKOM UB Ajari Keamanan dan Pembuatan Konten Media Sosial di PAUD Terpadu Miracle Kids

Pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Miracle Kids di kota Malang mendapat pengalaman dan ilmu baru mengenai keamanan daring dan pembuatan konten media sosial berkat tim dosen dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB).

Tim pengabdian kepada masyarakat FILKOM yang terdiri atas empat dosen, yaitu Agi Putra Kharisma, S.T., M.T.(1); Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D.(2);  Eriq Muhammad Adams Jonemaro, S.T., M.Kom.(3); dan Ir. Zainul Abidin, ST., M.Eng., MT., Ph.D.(4) serta dibantu oleh empat mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, yaitu Muthiah Zhafirah Zain, I Komang Ananda Widiastana, Jubril Biruni Pamboke, dan Ramadhani Rachman.

Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 9 September 2023 pada pukul 09.30 WIB, bertempat di sekolah PAUD Terpadu Miracle Kids, dan dihadiri sebanyak 8 orang miss/guru sekolah tersebut. PAUD Terpadu Miracle Kids terletak di Jl. Raya Titan Asri Kota Malang. Selain PAUD, Miracle Kids juga menyediakan layanan daycare. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh DIPA FILKOM UB 2023.

Beberapa guru PAUD Terpadu Miracle Kids ketika mendengarkan paparan materi dari dosen FILKOM.
Beberapa guru PAUD Terpadu Miracle Kids ketika mendengarkan paparan materi dari dosen FILKOM.

Kegiatan diawali dengan pre-test, kemudian dilanjutkan dengan materi dan diskusi. Materi yang disampaikan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berisi tentang penjelasan serta panduan tentang keamanan dalam penggunaan media sosial. Pada sesi ini, tim pengabdian membantu mitra untuk melakukan konfigurasi agar akun-akun media sosial yang digunakan dapat terlindungi dengan baik sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pengambilalihan akun oleh pihak yang tidak berwenang.

Sesi kedua berisi tentang penjelasan serta panduan dalam pembuatan konten media sosial. Pada sesi ini, tim pengabdian membantu membuatkan logo sekolah yang dapat disematkan pada konten yang dibuat, misalnya video atau foto. Sebagai informasi, pihak mitra menggunakan media sosial, yaitu Instagram Stories, sebagai media untuk melaporkan aktivitas siswa sehari-hari sehingga dapat selalu dipantau oleh para orang tua atau wali. Selain itu, tim pengabdian juga berbagi tata cara pemanfaatan Google Photo untuk mengelola dan mengarsip foto serta video agar lebih mudah.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan mitra setelah sebelumnya telah dilakukan observasi dan wawancara. Diketahui bahwa mitra pernah mengalami musibah berupa diambil alihnya akun Instagram dan WhatsApp. Selain itu, didapati bahwa konten yang dihasilkan mitra masih polos tanpa logo, sehingga kami berinisiatif untuk berbagi juga cara menambahkan logo melalui aplikasi Canva sehingga konten yang dihasilkan memiliki branding”, jelas Agi.

Ketua Tim Pengmas, Agi (kiri) memberikan smartphone kepada perwakilan guru PAUD Beberapa guru PAUD Terpadu Miracle Kids.
Ketua Tim Pengmas, Agi (kiri) memberikan smartphone kepada perwakilan guru PAUD Beberapa guru PAUD Terpadu Miracle Kids.

Selain sesi berbagi, tim pengabdian juga memberi bantuan berupa alat berupa smartphone  yang dapat digunakan mitra dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan pemanfaatan media sosial. Alat tersebut telah dipilih dengan seksama agar sesuai dengan kebutuhan mitra, misal dari sisi kehandalan, kualitas kamera, serta daya tahan baterai yang digunakan. Secara umum kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan hasil yang diperoleh sudah memenuhi harapan semua pihak. Berdasarkan hasil pre-test, post-test, dan kuesioner kegiatan, dapat disimpulkan bahwa mitra dapat menerima dan menyerap hasil kegiatan dengan baik.

Kerja sama antara PAUD Terpadu Miracle Kids dan tim dosen FILKOM UB ini menjadi contoh bagus tentang bagaimana perguruan tinggi dapat berkontribusi pada anak-anak pra-sekolah. Dengan memberikan sumber daya dan pengetahuan mereka, tim dosen FILKOM UB membantu meningkatkan kesadaran akan keamanan daring dan memberdayakan para guru PAUD untuk menjadi pendidik yang lebih efektif dalam era digital ini. [drn]

Video kegiatan juga dapat dilihat melalui tautan berikut : https://youtu.be/D0radgKCv_w