Tingkatkan Mutu Pembelajaran, JSI Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Berbasis OBE

Tingkatkan Mutu Pembelajaran, JSI Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Berbasis OBE

Demi meningkat mutu pembelajaran di Jurusan Sistem Informasi (JSI) Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Brawijaya, maka diadakan Workshop Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) pada Kamis hingga Jumat (23-24/1/2020). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen JSI dan dikemas dalam bentuk pelatihan. Pemateri atau narasumber yang dihadirkan adalah Ir. Didik Suprayogo, M.Sc., Ph.D. selaku Dosen Fakultas Pertanian UB sekaligus Sekretaris LP3M UB, Rahmadwati, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 Teknik Elektro FT UB, Raden Arief Setyawan, S.T., M.T. Kepala Divisi Infrastruktur dan Data Unit TIK UB dan Dr.Eng. Herman Tolle, S.T., M.T. selaku Ketua JSI FILKOM UB.

Ir. Didik sebagai pemateri pembuka memberikan penjelasan tentang konsep dan implementasi OBE di UB. Dijelaskan oleh Ir. Didik bahwa OBE adalah pendidikan yang sistem pembelajarannya difokuskan agar peserta dapat melakukan sesuatu hal tertentu diakhir pengalaman belajarnya. Prinsip pelaksanaan OBE terdiri atas empat asas, yaitu (1) fokus pada apa yang dibutuhkan peserta didik agar dapat melakukan pekerjaan tertentu dengan sukses (clarity of focus), (2) merancang kurikulum dengan definisi yang jelas tentang pembelajaran yang harus dicapai peserta didik (design down), (3) membangun standar kinerja yang tinggi dan menantang (high expectations) dan (4) menerapkan teknik pengajaran yang beragam sesuai kebutuhan peserta didik (expanded opportunities).

Sementara itu Rahmadwati menyampaikan materi tentang peenrapan OBE dalam penyusunan kurikulum dan rencana pembelajaran semester (RPS). Raden Arief menyampaikan informasi tentang evaluasi kegiatan pembelajaran berdasarkan OBE dan Dr. Eng Herman Tolle memaparkan materi tentang penggunaan teknologi informasi untuk mendukung OBE. Diakhir sesi para peserta workshop juga diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan OBE dalam penyususunan RPS dengan dibagi dalam grup berdasarkan Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) masing-masing. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat menambah pemahaman dosen JSI FILKOM UB terkait perencanaan dan implementasi OBE.

“Harapannya para dosen JSI bisa semakin paham tentang konsep dan implementasi OBE untuk kemudian diterapkan dalam praktek pembelajarannya di UB, khususnya FILKOM,” jelas Buce Trias Hanggara, S.Kom, M.Kom selaku ketua pelaksana kegiatan workshop ini. [dna]