Sharing Knowledge ID BIG Data Meetup #16

Sharing Knowledge ID BIG Data Meetup #16

Bertujuan berbagi informasi dan pengetahuan tentang Big Data maka Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bekerjasama dengan idBigData menyelenggarakan sebuah Meetup pada Selasa (23/5/2017) bertempat di gedung F FILKOM lantai 1. Meetup ID Big Data merupakan agenda rutin idBigData dan penyelenggaraannya kali ini di FILKOM adalah yang ke-16. Dimana sebelumnya telah dilaksanakan di berbagai universitas di Indonesia antara lain UGM, UI, ITB dan ITS. Untuk diketahui idBigData merupakan sebuah komunitas bagi penggiat, pengguna dan pelaku Big Data di Indonesia. Tujuan komunitas ini adalah untuk mempersatukan berbagai komponen yang berkepentingan dengan penguasaan dan penerapan teknologi Big Data di Indonesia, sehingga kemudian dapat tercipta sinergi yang menghasilkan inovasi bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Memberi sambutan sekaligus membuka ID Big Data Meetup #16, Dekan FILKOM UB Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D. menyampaikan bahwa dalam perkembangan riset di FILKOM topik Big Data ini masih jarang diangkat. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka peneliti di FILKOM UB dapat tertarik untuk memilih Big Data sebagai salah satu topik penelitian.

“Harapannya kegiatan ini bisa menginspirasi dosen di FILKOM untuk mulai fokus pada penelitian tentang Big Data. Kemudian bisa bekerjasama dengan para peneliti di bidang lain seperti di jaringan atau bidang lainnya. Sehingga kemudian bisa terjadi kolaborasi penelitian tentang data berukuran besar,” ungkap Wayan.

Agenda kegiatan pada ID Big Data Meetup #16 meliputi pengenalan tentang idBigData yang disampaikan langsung oleh Chairman idBigData Sigit Prasetyo, kemudian dilanjutkan dengan sharing knowledge oleh para akademisi dan praktisi Big Data yaitu Fatkul Amri selaku Direktur Utama PT. Universal Big Data (UBIG), Dr.Eng. Herman Tolle, S.T.,M.T. selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB, Beno K. Pradekso selaku CEO SOLUSI247  sekaligus Co-Founder idBigData, Ir. Solechoel Arifin, MScEE selaku Head of BIG DATA Research Labs247 dan Mohammad Nauval selaku Labs247 Student Internship from Universite de Franche-Comte. Setiap pemateri yang hadir masing-masing menyampaikan materi berbeda yang berkaitan dengan Big Data.

Pada kesempatan itu Fatkul Amri berbagi pengetahuan mengenai “Cara Praktis Bisnis Big Data Tanpa Coding”. Paparannya dibuka dengan pengenalan diri dan profil singkat PT UBIG. Dijelaskan oleh Fatkul bahwa UBIG adalah perusahaan Startup IT yang fokus menyediakan platform dan konten Big Data dengan berbagai kategori data seperti harga, berita dan lain sebagainya dari 9 negara yang terus berkembang dengan cepat. Disela-sela presentasinya Fatkul juga menyampaikan bahwa UBIG membuka kesempatan magang selama minimal 3 bulan untuk posisi web developer, mobile apps developer, big data team, marketing support dan multimedia. Informasi lebih lanjut dapat diakses di ubig.co.id.

Sementara itu Herman Tolle menyampaikan materi tentang “Big Data, Big Value”, kemudian Beno K Pradekso mempresentasikan “Big Data untuk Healthcare” dan Ir. Solechoel Arifin bersama Mohammad Nauval menyampaikan materi “String Similarity on Hadoop”. Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta dari startup maupun berbagai universitas di Indonesia antara lain UB, Polinema, USU, ITS, STMIK Asia Malang, Universitas Saint Al-Qur’an dan UNSIQ Wonosobo. Rencananya kegiatan kerjasama FILKOM UB dan idBigData ini akan dilanjutkan dengan workshop bagi dosen pada Rabu (24/5/2017) dimana informasi pendaftarannya dapat diakses di filkom.ub.ac.id. [psik filkom]